Jika Pemerintah Ajukan PPN Sembako dan Pendidikan, MPR: Lihat Dulu Kondisi Ekonomi dan Rasa Keadilan

Rabu, 16 Juni 2021, 23:06 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) telah menuai polemik di masyarakat. Pasalnya, draf yang diduga telah bocor tersebut memuat pajak yang bakal dikenakan untuk sembako dan sektor pendidikan.

Menanggapi hal itu, Anggota MPR Fraksi Gerindra, Kamrussamad mengatakan, kalaupun nanti pemerintah ingin mengajukan pajak sembako, maka pertanyannya adalah soal kondisi ekonomi. Jadi, dikatakannya jangan sampai masyarakat terbebani dan dilukai dengan kebijakan tersebut.

Berita Terkait : Wakil Ketua MPR:: Wacana Pemerintah Terapkan PPN Bahan Pokok Berpotensi Langgar Sila Kelima

"Kita akan tanya, PMK 116 tahun 2017 diberlakukan saat ekonomi tumbuh positif, sektor riil bekerja bergerak, pengangguran relatif terkendali dan kemiskinan terkontrol. Jadi, kalau kemudian hal itu mau diatur di tingkat undang-undang, kita lihat lagi dulu kondisi ekonomi kita dan rasa keadilan masyarakat. Alasannya, karena komponen terbesar dalam sumbangan PDB kita termasuk sembako," tutur Kamrussamad dalam diskusi 4 Pilar MPR yang bertajuk 'Pendapatan Negara dan Keadilan Sosial', di Media Center MPR/DPR/DPD, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Terlebih, saat ini masyarakat masih bergelut dan berjuang ditengah kondisi pandemi Covid-19. Kemudian untuk pajak pendidikan, dalam rasio penerimaan pajak pendidikan, menurut Kamrussamad, berdasarkan sektor di lima tahun terakhir ini tidak pernah di atas 1%.

Baca Juga : Forkopimda Jatim Cek Vaksinasi Berbasis Kampus di ITS dan UNESA

"Itu artinya tidak signifikan, sumber penerimaan negara dari sektor itu. Jadi, tidak sepatutnya dijadikan objek baru. Postulat berpikir, perluasan objek pajak dan postulat berpikir perubahan struktur tarif. Ini yang harus kita jaga bersama, supaya jangan sampai mencederai rasa keadilan masyarakat," tandasnya. (Asp)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal