OSO Lebih Berpeluang Jadi Menteri Jokowi Ketimbang Wiranto

Oesman Sapta Odang (OSO). (Foto: net)
Jumat, 3 Mei 2019, 00:54 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), lebih berpeluang duduk sebagai menteri di pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, daripada pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto.

"Sulit jika dua kursi. Saya kira yang paling berpeluang ketua umum partainya," ujar Ujang, Kamis (2/5/2019) kemarin.

Berita Terkait : Menteri-menteri Jokowi Belum Lapor Harta ke KPK

Menurut pengajar di Universitas Al-Azhar Indonesia ini, peluang Partai Hanura mendapat 'jatah' menteri lebih dari satu kursi sangat kecil. Pasalnya, quick count sejumlah lembaga survei maupun real count sementara KPU memperlihatkan Partai Hanura tidak memenuhi ambang batas parlemen, pada Pemilu 2019.

“Tetapi, untuk penetapan kursi menteri itu kan hak prerogatif presiden. Karena itu, saya kira peluang Wiranto duduk kembali masih fifty-fifty," katanya.

Berita Terkait : Angkat Prabowo Jadi Menhan, Jokowi Bak Kacang Tidak Lupa Kulitnya

Ujang menilai, ada suatu kondisi di mana Wiranto masih berpeluang kembali masuk jajaran kabinet. Yaitu, jika Jokowi menilai mantan Panglima ABRI itu berhasil mengemban tugas selama menjabat Menko Politik, Hukum dan Keamanan.

"Jadi, melihat pentingnya posisi Wiranto di kabinet Jokowi saat ini, bisa saja diangkat kembali menjadi menteri di kabinet mendatang,” tutur Ujang. (ASP)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal