Diberi Marga Ginting, Calon Wali Kota Tangsel Muhamad Didukung Masyarakat Karo

Sabtu, 7 Nopember 2020, 20:16 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Dukungan kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, terus mengalir. Kali ini, dukungan datang dari masyarakat Karo di Kota Tangsel. Dukungan itu ditandai melalui Deklarasi Dukungan Elemen Masyarakat Karo yang digelar di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangsel pada Sabtu (7/11/2020).

Menyempurnakan dukungan, Muhamad yang hadir secara langsung itu pun diberikan marga Ginting. Prosesi penyematan Marga Ginting kepada Muhamad disaksikan seluruh masyarakat keturunan Karo yang tergabung dalam lima marga Karo. Marga tersebut antara lain, Ginting, Tarigan, Sembiring, Karo-karo, dan Perangin-angin.

Dalam kesempatan tersebut, Muhamad kemudian diberikan tiga simbol dalam adat kebudayaan masyarakat Karo. Ketiga simbol tersebut antara lain, sarung khas karo, uwis gara atau kain merah khas karo, serta bulang-bulang atau penutup kepala khas karo. Simbol tersebut merupakan lambang diterimanya Muhamad menjadi masyarakat Karo.

Tahap pertama, Muhamad yang didampingi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan, Putri Ayu Anisya itu dipakaikan sepotong sarung berwarna merah. Sarung bermotif kotak-kotak berwarna merah hitam itu dipakaikan langsung oleh Astra Sembiring selaku Ketua Deklarasi Dukungan Elemen Masyarakat Karo.

Berita Terkait : Antisipasi Banjir, Wali Kota Jaksel Minta Camat-Lurah Tiap Hari "Plototin" Tali Air

Selanjutnya, Hendra Subakti perwakilan dari marga Karo-karo memakaikan uwis gara kepada Muhamad. Menyempurnakan penyematan Marga Ginting, Muhamad kemudian diminta menunduk. Dirinya kemudian menanggalkan peci hitam miliknya untuk digantikan bulang-bulang berwarna merah oleh Marselo Ginting selaku perwakilan marga Ginting.

"Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Karo di Tangsel yang mendukung saya, bahkan memberikan marga Ginting kepada saya," ungkap Muhamad.

"Ini adalah suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saya secara pribadi, sebagai orang betawi," tambahnya.

Dukungan tersebut, katanya, membuktikan tagline yang diusungnya bersama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yakni 'Tangsel untuk Semua'. Dukungan yang menurutnya sangat layak, mengingat Kota Tangsel kini telah menjadi rumah bagi seluruh etnis di Nusantara.

Berita Terkait : Tersangkut Narkoba, Anak Wakil Wali Kota Tangerang Segera Diadili

"Seluruh suku bangsa, etnis dan agama ada di sini, lewat Tangsel untuk Semua, kita hadirkan keamanan, kenyamanan untuk semua," ungkap Muhamad.

Sementara Ketua Panitia Deklarasi Dukungan Masyarakat Karo, Astra Sembiring menyampaikan, dukungan sekaligus harapan kepada Haji Muhamad. Dirinya berharap agar pasangan Muhamad dan Rahayu Saraswati dapat memimpin Tangsel dengan penuh amanah.

"Bapak sekarang sudah resmi menjadi orang Karo, nama lengkap Bapak sekarang jadi Haji Muhamad Ginting," ungkapnya. "Jadi, Bapak bukan cuma mewakili warga Betawi saja, tapi juga semua masyarakat yang ada di Kota Tangsel," tambahnya.

Mendengar pernyataan tersebut, Muhamad terlihat tersenyum. Pria ini lantas mengacungkan telunjuknya, yang disambut dengan teriakan 'menang' oleh puluhan masyarakat Karo.

Berita Terkait : Sudah Kantongi 18 Nama, Gerindra Belum Memiliki Calon di Pilkada Tangsel

Hendra Surbakti selaku salah satu tokoh masyarakat Karo berharap pasangan calon Muhamad-Saraswati akan membuktikan janjinya. Terlebih, jaminan kebebasan beribadah sesuai dengan Undang-Undang.

"Kami berharap jika Pak Muhamad terpilih menjadi Wali Kota Tangsel, bisa menjalankan amanah tersebut," katanya. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal