Kementan Terus Memperkuat Sistem Kearsipan

Foto: IST
Jumat, 2 Oktober 2020, 19:05 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menjamin ketersediaan arsip secara lengkap, utuh, dan terpecaya dengan memanfaatkan segala sumber daya kearsipan yang ada. 

Terkait hal ini, Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementan Momon Rusmono mengatakan bahwa dalam membangun sistem kearsipan, pihaknya selalu mengacu pada terbitan Pasal 33 UU No. 43/2009 tentang kearsipan.

Berita Terkait : PP Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Mentan Syahrul Membangun Sektor Pertanian

"Komitmen kami dalam membangun sistem kearsipan kementan yaitu dengan diterbitkannya ketentuan mengenai klasifikasi arsip departemen pertanian," ujar Momon saat menghadiri Diskusi Kontenporer Nasional Kearsipan ke-2 melalui zoom, Jumat, 2 Oktober 2020.

Menurut Momon, penguatan sistem kearsipan Kementan sudah memiliki 150 lebih arsiptaris dengan 4 arsiptaris madya. Momon berharap kedepannya sistem ini terus diperkuat agar arsiptaris madya di setiap level unit semakin lengkap.

Berita Terkait : Kasus Sengketa Tanah, Kementerian ATR Pertanyakan Sikap Penegak Hukum

"Arsiptaris jenjang ini kami harapkan akan mampu lebih mengintensifkan pembinaan kerasipan di lngakup kerjan masing-masing," katanya.

Untuk itu, Momon menilai pentinganya pengarsipan secara berkelanjutan. Sebab tanpa adanya arsip yang otentik, maka generasi mendatang tidak akan tahu apa yang sudah dilakukan para pendahulunya, terutama dalam membangun bangsa Indonesia.

Berita Terkait : Data BPS, Tahun 2020 Produksi Beras Diprediksi Meningkat Signifikan

Sebagai catatan, arsip otentik bernilai hostori misalnya terjadi saat keberhasilan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok yakni Swasembada Beras yang disampaikan pada konferensi ke-23 food Agriculture Organization (FAO) yang dihelat di Roma, Italian, pada 14 Novembe 1984.

"Marilah kita berkomitmen secara bersungguh-sungguh dan peduli dalam memajukan kearsipna demi kejayaan Indonesia," tutupnya. (DRS)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal