Mendikbud Nadiem Bikin Program Guru Penggerak

Minggu, 5 Juli 2020, 15:31 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membuat program pelatihan untuk guru secara nasional bernama 'Guru Penggerak'. Ia menjanjikan karier guru yang mengikuti program tersebut bakal dipermudah dan diprioritaskan menjadi jajaran petinggi di sekolah. "Jalur karier kepemimpinan untuk jadi kepala sekolah, pengawas sekolah dan pelatih guru akan kami prioritaskan dari grup guru penggerak ini," ungkap Nadiem melalui konferensi video.

Berita Terkait : Nadiem Diingatkan Potensi Klaster Corona di Sekolah

Kemendikbud, katanya, bakal memastikan jalur karier peserta program guru penggerak kepada dinas pendidikan dan pemerintah daerah setempat. Ini dilakukan karena menurutnya peserta Guru Penggerak punya potensi dan kualifikasi memimpin instansi pendidikan. Program guru penggerak sendiri bakal digelar selama 9 bulan. Guru yang boleh mengikuti program ini bakal diseleksi terlebih dahulu berdasarkan kualifikasi mengajar dan daerah masing-masing.

Berita Terkait : Jokowi Didesak Reshuffle Nadiem, Bikin Marah Organisasi Pelajar Tanah Air

Konsep guru penggerak sendiri artinya guru yang bisa berinovasi dan mau menjadi mentor untuk guru lain. Sehingga Nadiem menekankan sebaiknya para peserta memang punya kesenangan berbagi ilmu dengan guru lain. "Kita bukan mau semua guru masuk ke program guru penggerak. Hanya yang punya keyakinan ingin berkontribusi di luar kelas. Jadi kalau bukan passion jangan apply," tutur Nadiem.

Baca Juga : BPJSTK Cabang Kebon Sirih Targetkan Penyerahan Data ke Kemenaker Rampung Pekan Ini

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril menambahkan terdapat sejumlah kriteria bagi guru yang mau mendaftar guru penggerak. Total peserta secara nasional dibatasi hanya 2.800 orang yang bisa lolos, dengan 50 orang per daerah di seluruh Indonesia.(ERY)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal