Komisi IV Apresiasi Inovasi Antivirus Kementan

Foto: IST
Rabu, 1 Juli 2020, 19:45 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Komisi IV DPR RI mengapresiasi inovasi produk antivirus Corona berbasis tanaman eucalyptus yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan).

Dukungan itu salah satunya disampakkan Wakil ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin. Hasan menilai, produk anti virus berbahan eucalyptus sangat ditunggu-tunggu masyarakat untuk penyembuhan yang lebih luas. Karena itu, ia berharap produk ini bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

"Kami semua di Komisi IV sangat mengapresiasi inovasi ini. Saya juga sangat senang inovasi ini bisa dirasakan manfaatnya oleh semua anggota di komisi IV," kata Hasan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 1 Juli 2020.

Berita Terkait : Ketum IMI Pusat Apresiasi Sinergitas Pengurus Daerah DKI dengan PWI Jaya

Mengenai hal ini, Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan produk antivirus Corona berbahan eucalyptus kepada seluruh anggota Komisi IV DPR RI dalam waktu dekat. Pembaguan inu, kata Fadjry sebagai bentuk keseriusan pemerintah atas pengembangan anti virus berbahan produk pertanian.

"Saya berharap anggota Komisi IV dapat merasakan manfaat baik dari produk ini dan pastinya kami jiga perlu dukungan dari Komisi IV untuk mengembangkan inovasi ini," katanya.

Menurut Fadjry, sejak proses uji coba produk eucalyptus sudah mendapat respons positif dari berbagai pihak. Fadjry mengaku sudah banyak mendapat permintaan dari masyarakat atas pengunaan produk tersebut.

Berita Terkait : Masih Dalam Suasana Covid, Kondisi Petani Terus Membaik

"Mudah-mudahan ke depan produknya bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Sebagai informasi, zat aktif dalam eucalyptus yakni 1,8 cineol (eucalyptol) dalam beberapa studi pengujian telah membuktikan bahwa senyawa tersebut dapat terikat pada Mpro virus corona jenis apa pun.

Mpro adalah main protease atau chymotrypsin like protease ( CLpro) yang bermanfaat dalam replikasi virus. Kemudian, Mpro inilah yang ditarget agar replikasi virus menjadi terhambat.

Berita Terkait : Ekonomi Indonesia Menderita Kerugian Hingga Rp320 Triliun Akibat Badai Corona

Balitbangtan juga membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan defuser. (DRS)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal