Fachry Ali: Ini Sejumlah Keunggulan Erick Thohir sebagai Cawapres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Erick Thohir dalam gelaran Satu Abada NU. (Foto: net)
Minggu, 8 Oktober 2023, 15:48 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Pengamat Politik Fachry Ali menyatakan, Erick Thohir memiliki sejumlah keunggulan yang membuat Menteri BUMN tersebut layak memimpin bangsa. Dari mulai sisi manajerial, penguasaan dunia internasional, serta penghubung generasi generasi milenial.

Fachry menyatakan, kalau Erick Thohir salah satu kandidat kuat cawapres ini adalah tokoh yang sangat layak untuk memimpin bangsa ini karena kemampuan manajerialnya. Selain itu lanjutnya, hubungan dia dengan dunia global, penguasaan terhadap dunia global, dan seterusnya, itu cukup bagus.

Berita Terkait : SGY: Penampilan Gibran di Debat Cawapres Bungkam Tukang Nyinyir

Fachry menambahkan hal pokok lainnya yang perlu dicatat pada diri Erick Thohir. Dalam usia muda, Erick melaju dengan cepat di atas struktur karir dunia usaha. Erick Thohir juga jelas sangat sedikit bersentuhan dengan fasilitas rezim Orde Baru.

“Ketika Erick menerjunkan diri ke dunia usaha para konglomerat ciptaan negara Orde Baru telah tumbuh mekar jauh hari sebelumnya," ujarnya.

Berita Terkait : Relawan Muda Airlangga Dukung Prabowo - Erick Thohir Sebagai Capres - Cawapres

Fachry juga menyoroti kesuksesan ketika Erick Thohir menjadi orang nomor satu dalam gelaran Asian Games 2018. "Ketika menjadi Ketua Asian Games 2018, Erick tidak pernah berada di dalam negara. Ini berarti bahwa keseluruhan struktur karir dan dunia usaha yang dikelolanya berlangsung sepenuhnya di luar negeri," ungkapnya.

Dalam basis konteks demografi, Erick Thohir adalah jembatan antara generasi non millenial dengan milenial, Dia adalah jembatan bukan reproduksi dari Orde Baru, karena ia lahir ketika Orde Baru itu mulai mengonsentrasikan kekuatan materialnya di tangan keluarga.

Berita Terkait : Masih di Luar Negeri Bersama Jokowi, Deklarasi Prabowo-Erick Thohir Tertunda

Hubungan dengan para pemuka agama, khususnya kiai, ulama, dan warga Nahdliyin, Erick Thohir menurut Fachry, juga cukup dekat. "Erick juga dapat diterima dengan baik di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Pasalnya, Erick pernah didapuk menjadi Ketua Panitia Peringatan 1 Abad NU," jelasnya.

"Kalau di NU itu kan harus dilihat indikasinya. Salah satu indikasinya dia Ketua Panitia Satu Abad NU. Kira-kira begitu. Tapi kita nggak tahu satu per satu apa yang mereka katakan, tapi faktanya dia panitia Satu Abad NU," ujar Fachry. (Frk)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal