Survei: Airlangga-Khofifah Potensi Menang Pilpres 2024

Airlangga Hartarto bersama Khofifah Indar Parawansa. (Foto: net)
Kamis, 27 April 2023, 20:06 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Citra Network Nasional (CNN) kembali menggelar survei dengan tema 'Mengukur Preferensi Publik terhadap Parpol dan Tokoh Bakal Capres jelang Pemilu 2024'. Survei CNN menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.200, yang tersebar di 34 provinsi.

Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,08, dengan level kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan mulai 8-20 April 2023.

Direktur Eksekutif CNN Muhammad Dandy menjelaskan, 84,7 persen masyarakat puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi dalam bidang perekonomian nasional, sementara sebanyak 15,3 persen tidak puas dan tidak memberikan jawaban. Survei turut mengukur kepuasan publik terhadap pemerintahan yang bersih dari korupsi di era pemerintahan Jokowi. Hasilnya, sebanyak 80,9 persen menyatakan tidak puas terhadap pemerintahan Jokowi dalam menerapkan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

Berita Terkait : Duet Abdul Razak-Monica Rasyid Potensial di Pilgub Kalteng 2024

"Hal ini tergambar dari kehidupan hedonis para pejabat negara dan elit politik yang memamerkan harta dan kekuasaan dari hasil yang tidak jelas. Sebanyak 14,2 persen menyatakan puas dan selebihnya 4,9 persen tidak menjawab," ujar Dandy, Kamis (27/4/2023).

Survei CNN turut mengukur preferensi publik terhadap kriteria dan kemampuan dari sosok presiden yang menggantikan Jokowi. Sebanyak 89,2 persen menginginkan sosok presiden penganti Jokowi memiliki kriteria dan kemampuan dalam mengelola perekonomian nasional, agar bisa meningkatkan kedaulatan ekonomi rakyat. Sementara sebanyak 90,2 persen menginginkan sosok yang memiliki kriteria dan kemampuan untuk bisa menyatukan masyarakat yang terpolarisasi akibat dampak politik 2019.

Survei pun menyodorkan pertanyaan, 'jika Pilpres digelar hari ini, siapa capres yang akan dipilih?'. Dalam pertanyaan terbuka, hanya empat tokoh yang mendominasi untuk maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

Berita Terkait : Zig-zag Politik Prabowo Paska Menang Pilpres 2024

"Ketika diminta untuk memilih jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka hasilnya nama Airlangga Hartarto paling banyak dipilih dengan 28,2 persen. Lalu disusul Ganjar Pranowo 24,7 persen, Prabowo Subianto 17,2 persen, dan Anies Baswedan 14,1 persen, dan yang memilih tokoh lain sebesar 15,8 persen," papar dia.

Merespons hasil survei itu, Pengamat Politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai, naiknya elektabilitas Airlangga Hartarto karena kinerja dalam membantu Presiden Jokowi dalam urusan ekonomi. Dia juga mengomentari kemungkinan Airlangga jika diduetkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Airlangga-Khofifah melaju untuk menghadapi Ganjar dan Prabowo nantinya. Karena sosok Khofifah ikon dari warga Nahdliyin. Selain itu, Khofifah cukup bagus dalam rekam jejak kinerja," tandas Bambang. (Yud)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal