Ketua DPR RI Diajak Presiden Jokowi Tinjau IKN Nusantara hingga Kunker ke Samarinda

Rabu, 22 Juni 2022, 20:06 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Ketua DPR RI Puan Maharani diminta menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Selama seharian bersama Jokowi, Puan diajak melihat perkembangan pembangunan ibu kota negara baru.

Puan bersama Jokowi terbang menggunakan pesawat kepresidenan dari Jakarta ke Balikpapan, Rabu (22/5/2022). Rombongan presiden juga turut mengajak sejumlah pemimpin redaksi (Pemred) media massa nasional.

Saat ditanya para Pemred, Puan mengaku ikut ke IKN Nusantara atas permintaan langsung Presiden Jokowi. Permintaan tersebut disampaikan ketika Jokowi bertemu Puan di acara Rakernas PDI Perjuangan (PDIP), kemarin.

“Kemarin di acara Rakernas PDI Perjuangan, Presiden menyampaikan agar Ketua DPR RI bisa ikut serta dalam kunjungan kerja ke IKN dengan para Pemred untuk melihat secara langsung hasil yang sudah dilakukan selama ini,” ungkap Puan.

Berita Terkait : Hardiknas, Puan Ingatkan Pesan Ki Hajar Dewantara dan Pentingnya Peran Pemerintah

Puan juga menyatakan, ingin melihat langsung perkembangan pembangunan ibu kota negara baru sejak terakhir ia mengunjungi IKN Nusantara pada bulan Februari 2022. “Saya juga ingin melihat apakah sudah ada perkembangan pembangunan,” ujarnya.

Mensesneg Pratikno dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga ikut dalam rombongan presiden. Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sudah lebih dulu datang menunggu di IKN Nusantara.

Selama kegiatan ini, Puan dan Jokowi selalu bersama. Setiap perjalanan menuju titik-titik peninjauan, Puan terus berada dalam satu mobil dengan Jokowi.

Di titik pertama, Puan menemani Presiden Jokowi meresmikan Pembangunan Persemaian Mentawir. Di lokasi ini, dilakukan penanaman bibit-bibit pohon yang digunakan untuk merehabilitasi lahan-lahan di kawasan IKN.

Berita Terkait : Ketua DPD RI Serap Sejumlah Persoalan di Terminal Barang Internasional dan PLBN Entikong

“Ini merupakan fungsi pengawasan DPR. Bagaimana kesiapan dan progres dari IKN, termasuk rehabilitasi lahan-lahan bekas tambang khususnya di kawasan IKN dan di Kalimantan pada umumnya,” terang Puan.

Usai dari Persemaian Mentawir, Puan lalu mendampingi Jokowi meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, yang akan menjadi pendukung kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan IKN. Puan terus berada di samping Jokowi yang memberi penjelasan kepada para pemred media.

“Sudah ada progress dibanding kunjungan saya ke IKN bulan Februari lalu. Jalan sudah mulai rapi. Presiden sampaikan sejumlah hal penting seperti masalah lingkungan, rehabilitasi, dan penyediaan air bersih sudah disiapkan,” ungkap mantan Menko PMK itu.

“Saya lihat memang untuk penyediaan air bersih sudah mulai digarap. Menurut Presiden, untuk jalan dan sejumlah infrastruktur lainnya di kawasan inti IKN bulan Juli pembangunannya akan dimulai,” lanjut Puan.

Berita Terkait : Kapolda Irjen Fadil Imran Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi 10 Ribu Warga Banten

Sementara Puan dan Jokowi sempat minum air kelapa muda bersama usai menerima pemaparan soal perkembangan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dari Menteri PUPR. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan untuk meninjau titik nol IKN Nusantara. (Asp)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal