Tindak Lanjuti Arahan Ketua DPR RI, Komisi IX akan Gelar Rapat dengan Kemenkes Bahas Hepatitis Akut

Jumat, 13 Mei 2022, 19:31 WIB
Political News

LampuHijau.co.id - Komisi IX DPR RI dijadwalkan akan menggelar rapat dengan pemerintah, yaitu Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk membahas perkembangan penyakit hepatitis akut yang sudah bermunculan di tanah air. Hal itu menindaklanjuti arahan Ketua DPR Puan Maharani.

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo mengungkapkan, rencananya rapat itu akan digelar di masa persidangan berikutnya, usai masa reses berakhir minggu ini. "Minggu depan akan kita jadwalkan untuk membahas dengan Komisi IX, mencari waktu yang tepat agar melakukan suatu koordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait dengan adanya hepatitis akut ini," katanya kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Berita Terkait : Pikul Tugas Berat, Wakil Ketua DPD RI: Komisioner KPU dan Bawaslu Terpilih Jaga Kepercayaan Publik

Rahmad memastikan, permasalahan penyakit hepatitis akut ini menjadi perhatian sekaligus juga prioritas dari Komisi IX DPR. Dia mendukung sepenuhnya arahan Ketua DPR RI Puan Maharani, yang meminta pemerintah terus memonitoring perkembangan hepatitis akut di tanah air.

"Saya setuju apa yang disampaikan Ibu Ketua DPR, kita mendukung dan pasti akan dorong pemerIntah untuk segera memonitoring perkembangan hepatitis akut ini," ujar Rahmad.

Berita Terkait : Agar Terlepas Campur Tangan Politik, Komisi VI: BUMN Harus Keluar dari Rezim Keuangan Negara

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau masyarakat, khususnya orangtua yang memiliki anak, untuk mengantisipasi penyebaran Hepatitis akut yang dilaporkan cukup membahayakan bagi anak. Dia juga mengingatkan, agar pemerintah bekerja cepat dalam memonitor dan mengatasi penyakit ini.

“Peran orangtua sangat penting dalam menghadapi Hepatitis akut yang masih belum diketahui penyebabnya ini. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menjaga pola keseharian anak,” tutur Puan, Rabu (11/5/2022) lalu.

Berita Terkait : Usulan Pemerintah Revisi UU ITE, Komisi I DPR Siap Membahas Jika Draft-nya Sudah Dikirim

Sementara mantan Menko PMK itu pun meminta pemerintah agar terus berkoordinasi dentan WHO dalam menghadapi Hepatitis akut. Puan juga mengingatkan pemerintah, agar terus memberi penjelasan yang akurat kepada masyarakat terkait kasus dan penanganan penyakit yang masih misterius ini.

“Sehingga tidak muncul kabar yang simpang siur terkait penyakit ini. Dan penting juga menjaga informasi untuk menghindari berita-berita hoax yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat,” tandasnya. (Asp)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal