Hadapi PON Aceh-Sumut, Atlet Jakarta Siap Tampil Gemilang

KONI DKI Jakarta menyatakan, atlet Jakarta siap tampil di gelaran PON XXI Aceh-Sumut. (Foto: ist)
Selasa, 2 Juli 2024, 17:55 WIB
Olahraga

LampuHijau.co.id - KONI DKI Jakarta semakin mantap menuju PON XXI/2024. Pesta olahraga setiap empat tahun sekali ini akan digelar di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Presiden  Jokowi Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka pelaksanaan PON di Aceh pada 8 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Lhong Raya, Banda Aceh.

DKI Jakarta telah menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk menghadapi ajang olahraga terbesar di tingkat nasional. Persiapan ini bertujuan untuk memastikan semua atlet Jakarta, siap secara fisik, mental, dan teknis untuk meraih prestasi terbaik dan menjadi juara umum.

Berita Terkait : PON Aceh-Sumut 2024 Fatchul Anas Resmi Ditetapkan Jadi CdM

Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Hidayat Humaid, saat press gathering bersama awak media dengan tema 'Persiapan DKI Jakarta Menuju PON Aceh-Sumut' di Aula Lantai 4 Gedung KONI DKI Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Hidayat didampingi Sekum KONI Jakarta Aminullah dan Hadameon Aritonang (Bendahara); serta para wakil ketua umum yakni Aldwin Rahadian, Gde Sardjana, Fatchul Anas, Yusran Arief, dan Nur Ali.

"Saat ini atlet Jakarta sedang menjalani program latihan yang intensif dan terarah di bawah pembinaan KONI dan bimbingan para pelatih dan aspel. Latihan ini mencakup fisik, peningkatan teknik, serta penajaman strategi kompetitif untuk seluruh cabor yang akan diikuti di PON Aceh-Sumut," kata Hidayat.

Berita Terkait : Jelang Pra PON, PBFI DKI Siap Berjuang untuk Jakarta

Selain itu, lanjut Hidayat, DKI Jakarta juga melakukan monitoring melalui pendampingan atlet oleh seluruh pengurus KONI di seluruh cabor yang akan bertanding di PON. KONI juga melakukan evaluasi secara berkala kepada seluruh atlet yang akan diberangkatkan di PON.

"Syarat prestasi adalah mutlak bagi atlet Jakarta, dan tidak ada alasan apapun. Kalau tidak masuk empat besar, tidak akan diberangkatkan ke PON," tegas Hidayat.

Dalam paparannya, ia mengungkapkan beberapa program yang sudah dilaksanakan untuk PON XXI/2024. Di antaranya pelaksanaan Pelatda lapis 1 dan lapis 2, BK PON, TC dalam dan luar negeri, uji coba dalam negeri dan luar negeri, dan melakukan pendampingan atlet Pelatda oleh pengurus KONI ke seluruh cabor Jakarta.

Berita Terkait : Hadapi PON Aceh-Sumut, Dispora DKI dan KONI Jakarta Satukan Persepsi

Ketua CdM DKI Jakarta PON Aceh-Sumut 2024, Fatchul Anas menambahkan, jumlah kontingen Jakarta yang lolos BK PON tahun 2024 ada 65 cabor dan 87 disiplin cabor dengan 1045 nomor pertandingan, baik beregu maupun perorangan, yang akan melaju ke PON XXI Aceh-Sumut nanti.

“Kita targetkan minimal bisa merebut 20% medali dari jumlah nomor pertandingan untuk menjadi juara umum. Untuk mencapai target juara umum diperlukan kerja keras bersama seluruh cabor serta dukungan eksekutif, legislatif dan masyarakat,” kata Anas, yang juga Wakil Ketua Umum III KONI Jakarta.

Pelaksanaaan PON XXI/2024 akan digelar di sepuluh kota/kabupaten di Aceh dan sembilan kota/kabupaten di Sumut. Adapun seberan venue PON di Aceh, yaitu Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat dan Aceh Tenggara. Sedangan di Sumatera Utara, ada di Kota Medan, Deli Serdang, Karo, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal