Pras: Atlet Harus Semangat Bertanding dan Hindari Suap demi Juara PON Aceh-Sumut

Minggu, 16 Juni 2024, 13:19 WIB
Olahraga

LampuHijau.co.id - Untuk merayakan HUT ke-496 Kota Jakarta, ribuan atlet yang tergabung dalam pelatihan daerah (Pelatda) KONI DKI Jakarta menggelar jalan sehat. Acara jalan sehat berlangsung pada Minggu, 16 Juni 2024.

Selain atlet Pelatda, jalan sehat juga diikuti oleh anggota DPRD DKI Jakarta, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan perusahaan daerah (BUMD). Rute Jalan Sehat yang mengambil start Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jalan Jaksa, Wahid Hasyim, Sarinah, Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, Jalan Kebon Sirih, Sabang dan finis di Gedung DPRD Kebon Sirih diperkirakan akan diikuti oleh 1.500 hingga 2.000 peserta. Jalan Sehat didukung oleh PAM Jaya serta Bank DKI.

Acara ini juga dalam rangka memasyarakatkan olahraga sekaligus memperkenalkan para atlet DKI Jakarta yang akan tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara (Sumut) yang akan berlangsung 9-20 September 2024.

Momen Jalan Sehat menjadi penting karena akan dilakukan penandatanganan MoU Antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), KONI Provinsi DKI Jakarta dan Atlet/Perwakilan Atlet PON XXI/2024. BUMD yang dipastikan mendukung para atlet peraih medali di PON yakni PAM Jaya, Bank DKI, TransJakarta, Jakpro, Ancol, Pasar Jaya, Pal Jaya, dan Sarana Jaya.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta seluruh anggota DPRD DKI untuk mendukung tim DKI di PON Aceh-Sumut 2024 untuk raih juara umum.

Berita Terkait : Walau Sibuk, Pras Tetap Sempatkan Waktu Bertemu Dewan Daerah

"Saya minta semua atlet DKI untuk tetap semangat dalam bertanding untuk raih emas. Hindari kemungkinan adanya suap ke atlet yang bertandiing," ujar Pras, sapaan akrab Prasetyo Edi Marsudi yang juga Ketua Dewan Pembina KONI DKI Jskarta ini.

Dalam acara ini, Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartanto tidak bisa hadir, tapi ia diwakili Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Chaidir.

Ketua Panitia Pelaksana Jalan Sehat KONI DKI Jakarta Anondo Eko mengatakan, Jalan Sehat selain untuk merayakan HUT Kota Jakarta ke-496 juga untuk mensosialisasikan PON PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

KONI DKI Jakarta, kata Anondo Eko, juga mengucapkan terimakasih atas dukungan BUMD khususnya kepada PAM Jaya dan Bank DKI yang siap memberikan apresiasi kepada para atlet peraih emas di PON.

"Dukungan BUMD menambah semangat atlet dalam upaya mewujudkan target merebut gelar juara umum," tegas Anondo Eko.

Berita Terkait : Jalan Sehat KONI DKI Meriah, Pras: Semangat Atlet untuk Juara PON XXI Terus Menggelora

*PON Tepat Waktu*

Seperti diberitakan, Menpora Dito Ariotedjo mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai rapat terbatas membahas persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024. Jokowi, kata Dito, meminta agar perhelatan keduanya tepat waktu sesuai jadwal.

"Kita mendapatkan perintah yang clear dari Bapak Presiden bahwa penyelenggaraan PON dan Peparnas 2024 ini harus tepat waktu dan tidak ada kemunduran. Jadi, ini kita tekankan kepada masyarakat luas dan juga para atlet seluruh Indonesia bahwa PON dan Peparnas 2024 tidak akan mundur dan akan dilaksanakan tepat waktu dan sesuai jadwal," kata Dito.

Dito mengatakan, pembangunan venue di Aceh dan Sumatera Utara ditargetkan rampung pada akhir Juli. Saat ini, pihaknya memastikan kesiapan kontingen di seluruh Indonesia.

"Ya untuk PON Aceh dan Sumut, progres dari venue pembangunan ditargetkan ini akhir Juli sudah rampung semua siap digunakan, dan sekarang dalam rangka memastikan para kontingen dari seluruh provinsi siap untuk bertanding dan diberangkatkan," ujarnya.

Berita Terkait : "Jakarta Datang Jakarta Menang", DKI Bidik Juara Umum di PON Aceh-Sumut

Dito mengatakan, venue akan siap digunakan usai Juli 2024. Dito mengatakan beberapa cabang olahraga akan melakukan uji coba venue lebih dulu sebelum PON dimulai.

Sementara Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengimbau seluruh komponen bangsa, agar mendukung PON 2024 Aceh-Sumut. Dasco menyebut, semua elemen, khususnya di Aceh dan Sumut, mendukung menyukseskan PON 2024.

"Saya mengimbau kepada komponen bangsa terutama di daerah Sumut dan di daerah Aceh untuk turun tangan menyukseskan terselenggaranya PON ini," kata Dasco.

Dasco mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan PON nantinya menjadi hal penting guna mengharumkan nama bangsa. Penyelenggaraan PON yang baik, katanya, menjadi bukti RI memprioritaskan olahraga nasional.

"Untuk lebih mengharumkan nama bangsa kita, untuk lebih kemudian memperkenalkan bahwa bangsa kita juga cinta kepada olahraga," ujar Dasco. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal