Kota Tangerang Sukses Raih Juara Umum POPDA XI Banten

Jumat, 14 Juni 2024, 12:25 WIB
Olahraga

LampuHijau.co.id - Kota Tangerang, sukses menorehkan sejarah baru, yakni menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten yang berlangsung di Kota Tangerang. Total perolehan medali yakni 235.

Tak pernah meraih juara umum, sepanjang Provinsi Banten berdiri. Ini adalah tahun hal luar biasa bagi Kota Tangerang, dengan raihan 235 medali, yaitu 94 medali emas, 74 medali perak dan 67 medali perunggu.

Diketahui, posisi kedua diduduki Kota Tangerang Selatan dengan 206 medali, yaitu 63 emas, 64 perak dan 79 perunggu. Dilanjut posisi ketiga, Kabupaten Tangerang dengan 138 medali, yaitu 46 emas, 41 perak dan 51 perunggu.

Sedangkan di posisi keempat, Kota Cilegon dengan 106 medali, disusul Kota Serang dengan 98 medali. Posisi keenam, ada Kabupaten Lebak dengan 86 medali, posisi ketujuh ada Kabupaten Serang dengan 62 medali dan terakhir ada Kabupaten Pandeglang dengan 62 medali.

Berita Terkait : Pemkot Tangerang Raih WTP ke 17 Kalinya dari BPK, DPRD Beri Apresiasi

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menyambut gembira raihan prestasi kontingen Kota Tangerang yang dalam sejarah penyelenggaraan POPDA baru kali ini bisa menjadi juara umum.

“Alhamdulillah, rasa syukur dan bangga menyelimuti kita semua karena Kota Tangerang meraih prestasi Juara Umum POPDA XI Banten ini,” ujar Dr. Nurdin, dalam sambutannya pada acara penutupan POPDA XI Banten di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Kamis (13/6).

Pencapaian ini, lanjut Pj Wali Kota, menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras semua pihak, baik atlet, pelatih, ofisial maupun seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah hingga mampu juara POPDA XI Banten.

Dr. Nurdin, juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh kontingen dari kabupaten/kota se-Provinsi Banten yang telah berpartisipasi dalam POPDA XI Banten.

Berita Terkait : Pra-PPDB Jenjang SMP Kota Tangerang Tahun Ajaran 2024/2025 Dibuka

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang menuturkan, ini sejarah yang tidak main-main. Di mana, Kota Tangerang memiliki selisih medali yang jauh dengan Kota Tangerang Selatan di posisi kedua yaitu 31 medali emas.

"Kota Tangerang di POPDA XI Banten ini menangnya telak," tegas Kaonang, usai gelaran penutupan POPDA XI Banten berlangsung, di Stadion Benteng Reborn.

Kaonang pun mengaku, cabor-cabor Kota Tangerang memang banyak yang menunjukkan perkembangannya. Seperti tinju yang sebelumnya hanya satu emas, kali ini lima emas. Cabor renang sebelumnya satu emas, di POPDA tahun ini lima emas, tak terkecuali cabor panjat tebing dan masih banyak lagi.

"Walau ada satu dua cabor yang butuh di evaluasi. Tapi POPDA XI Banten ini, seluruh atlet Kota Tangerang sudah memberikan yang terbaik. Ini torehan sejarah yang tak akan terlupakan, saatnya tingkatkan untuk mempertahankan juara umum di tahun-tahun selanjutnya," kata Kaonang.

Berita Terkait : Lepas Ribuan Pemudik, PJ Walkot Tangerang: Selamat Berlebaran di Kampung Halaman

Ia pun menuturkan, rasa bangga dan terima kasih sebesar-besarnya atas nama Pemkot Tangerang kepada seluruh atlet, official, pelatih dan tak terkecuali para orang tua atlet.

"Pemkot Tangerang berharap, usai torehan prestasi pada POPDA XI Banten ini, seluruh atlet Kota Tangerang dapat melanjutkan prestasinya di ajang-ajang nasional hingga internasional. Selamat dan terima kasih, kamu bangga pada kalian," seru Kaonang. (WAH)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal