Perdana Piala KONI, Woodball Jakbar Gelar Turnamen Tingkat Pelajar

Turnamen woodball tingkat pelajar di Jakarta Barat. (Foto: ist)
Sabtu, 9 Maret 2024, 22:25 WIB
Olahraga

LampuHijau.co.id - Pengurus Kota (Pengkot) Ikatan Woodball Indonesia (IWBA) Jakarta menggelar turnamen Woodball ke-1 Tingkat Pelajar se-Jakarta Barat, yang memperebutkan Piala Ketua KONI. Turnamen itu digelar di Lapangan Porsekem, Kembangan Utara, Sabtu (9/4/2024).

Turnamen tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris IWBA Provinsi DKI Jakarta Borneo mewakili Ketua Umum Marulina Dewi. Di pembukaan turnamen itu juga dihadiri Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jakarta Barat Hermansyah Muhasyim dan Ketua Pengkot IWBA Jakbar Kusmayadi.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, turnamen IWBA Jakarta Barat yang pertama dibuma," ucap Borneo.

Borneo menjelaskan, kejuaraan ini digelar untuk mencari bibit-bibit pemain yang saat ini jumlahnya masih terbatas. Selain itu, turnamen ini juga memperkenalkan olahraga yang baru saja hadir pada tahun 2016.

Berita Terkait : Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Cirebon Gelar Turnamen Voli Antar Instansi

Ia menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung dan mensupport IWBA Jakarta Barat dalam mencari bibit pemain ataupun mengadakan turnamen.

"Semoga ke depannya IWBA Jakarta Barat terus gencar melakukan sosialisasi olahraga ini, dan tidak cukup hanya di sini untuk melakukan kegiatan, teruslah bergerak mengenalkan woodball," pungkasnya.

Sementara Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jakarta Barat Hermansyah Muhasyim berharap, dengan digelarnya turnamen ini akan muncul atlet-atlet yang berprestasi, baik di tingkat nasional atau Internasional. Sehingga dapat mengharumkan nama bangsa khususnya Jakarta Barat dan DKI Jakarta.

"Saya yakin olahraga ini akan dapat menghasilkan pemain yang berpretasi, walaupun olahraga woodball ini terbilang baru, maka teruslah semangat berlatih dan banyak menggelar turnamen," ujarnya.

Berita Terkait : Jelang Pilkada Subang, FKUB Diajak Tangkal Politisasi Agama

Ketua Pengkot IWBA Jakbar Kusmayadi menjelaskan, turnamen ini merupakan program kerja Pengkot Jakbar. Dengan tujuan untuk mensosialisasikan olahrga dan mencari bibit pemain woodball.

"Alhamdulillah, kami bisa melaksanakan turnamen yang baru pertama kali diadakan karena olahraga ini baru hadir di Jakarta Barat tahun 2019," ucapnya.

Ia juga menyebut lomba ini diikuti oleh 33 peserta dari 10 sekolah di Jakarta Barat. Ada enam nomor yang dilombakan, di antaranya tunggal, ganda dan tim yang berisi empat pemain.

"Kami berharap, melalui turnamen ini masyarakat dapat mengenal olahraga woodball dan digemari pelajar-pelajar di Jakarta Barat, sehingga dapat menghasilkan atlet berprestasi," harapnya.

Berita Terkait : Dibuka Sekjen PWI Pusat, IKWI Jakbar Gelar Seminar Cegah KDRT

Sebagai informasi, woodball adalah olahraga yang mirip dengan permainan golf, namun cara bermainnya sangat berbeda. Jika bola golf dimasukan ke dalam lobang, tapi di permainan ini tidak, melainkan bola yang terbuat dari kayu itu dimasukan ke gawang kayu yang di tengahnya terdapat bandulan kayu.

Dengan memakai stik kayu dan dari jarak yang telah ditentukan, bola kayu itu dipukul seperti bermain golf dan diarahkan ke gawang. JIka bola tersebut masuk, maka pemain tersebut bisa melanjutkan ke lapangan berikutnya untuk melakukan yang sama, begitu seterusnya. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal