Bimbim Clow Bantah Tudingan Joshua Tentang Pengelapan Dana Donasi Rp 3 Miliar

Jumat, 31 Juli 2020, 16:16 WIB
Life Style

LampuHijau.co.id - Setelah dituding Penggelapan dana Donasi senilai Rp3 miliar oleh Kristian Adi Wibowo atau Joshua sebagai ketua Yayasan Sarana Metta Indonesia dan beberapa korban lain. lantaran Bimbim tidak terbuka atas donasi tersebut.

Menanggapi tudingan tersebut Membuat Bimbim Clow asli Wahyu Winono itu merupakan Founder Cat Lovers in The World (CLOW) angkat bicara dan mengklarifikasi, ia malah mempertanyakan jumlah penggelapan dana yang dituduhkan kepadanya. Jika memang dari donasi yang dilakukan di situs Kitabisa, hal tersebut tak mendasar karena, ia sudah memiliki kontrak dengan Kitabisa.

"Jika dari Kitabisa, saya punya kontrak di bulan Februari untuk penggalangan dana rumah kucing Tomohon. Dari surat tersebut saya hanya mendapatkan dana Rp75 juta," kata Bimbim saat ditemui Di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (30/7)

Berita Terkait : Razman Nasution Siap Laporkan Bimbim Atas Dugaan Penggelapan Uang Donasi Animal Lovers Rp 3 Miliar

Meskipun ia tak mengetahui jumlah total yang dihasilkan dari penggalangan dana tersebut, Bimbim memang memperkirakan dana yang terkumpul bisa ratusan juta. Namun sekali lagi ia menekankan hanya mendapatkan dana sebesar Rp75 juta, sesuai dengan kontrak.

"Tapi yang mengelola ini Kitabisa, bukan saya. Dan iklan Kitabisa ini memang booming. Terakhir saya lihat di Facebook hingga 3 ribu komentar," ujar Bimbim.

Pria berkacamata itu juga menjelaskan dana yang diberikan oleh pihak Kitabisa langsung masuk ke rekening pribadinya.

Baca Juga : BPJSTK Cabang Kebon Sirih Targetkan Penyerahan Data ke Kemenaker Rampung Pekan Ini

"Karena pihak Kitabisa sudah mensurvei bangunan yang saya buat," tuturnya.

Sementara jika tuduhan yang dimaksud ialah donasi dari 2017 hingga 2020 juga tidak terbukti. Karena setiap tahunnya, pengeluaran untuk shelter terbilang besar. Di tahun 2019 misalnya ia membangun tiga shelter sekaligus dengan dana Rp1,9 milyar.

"Tapi dana itu bukan murni dari sumbangan donasi publik. Saya mendapatkan sponsor dari beberapa orang dengan dana yang cukup besar, dan itu laporannya langsung ke pihak donatur. Kami juga tak mungkin mempublish kecuali donatur yang meminta," ujarnya.

Baca Juga : Gigih di Tengah Pandemi, Perjuangan Indri Gerakkan Roda Ekonomi Keluarga

Tuduhan miring dari Joshua dikatakan oleh Bimbim bukan kali ini saja. Sebelumnya ia sempat dituduh menerima uang suap Rp25 juta dari kasus di Samarinda. Namun, saat Bimbim meminta klarifikasi, Joshua tidak bisa memberikan penjelasannya.

"Saya mengurus kasus di Samarinda seekor kucing yang digigit pitbull berpemilik. Dan itu divideoin secara langsung. saya tidak menerima suap itu sampai hari ini. Saya bahkan meminta dia (Joshua) untuk membuktikan, karena hal-hal seperti itu kan sensitif," kata Bimbim.

Diketahui Bimbim juga sudah mengambil tindakan hukum atas tuduhan miring terhadap dirinya. Ia juga meminta kepada Joshua agar menjelaskan asal uang Rp3 miliar yang dituduhkan tersebut. ADT

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal