Kepala BNNP DKI: Modus Tempel Masih jadi Favorit Pengedar Sebar Narkoba

Rabu, 26 Juni 2024, 22:14 WIB
Kriminal

LampuHijau.co.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta menyebut modus tempel masih manjadi cara pera pengedar untuk menjual narkoba. Kepala BNNP DKI Jakarta, Brigjen Pol R Nurhadi mengatakan modus tempel yang dimaksud adalah penggunaan teknologi seperti aplikasi telegram untuk melakukan jual beli.

Setelah terjadi kesepakatan biasanya narkoba diletakkan disuatu tempat. Dimana tempat ini hanya diketahui oleh pengedar dan penggunanya saja.

"Sistem tempel masih menjadi modus yang paling banyak digunakan para pengedar," ucap Nurhadi usai pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional di Kantor BNNP DKI Jakarta, Jalan Tanah Abang II, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Berita Terkait : BNNK Depok dan Marinir Tangkap Pengedar Ganja di Sawangan

Nurhadi mengatakan, selain itu untuk menghindari hukuman berat, para pengedar biasanya memecah narkoban menjadi bagian kecil. Tujuannya jika mereka tertangkap tidak dihukum penjara, tapi menjalani rehabilitasi.

"Begitulah modus para pengedar, meningkatkan penjualan dan menurunkan resiko, tapi anggota kita tentunya akan melakukan penyelidikan jika ditemukan kasus tersebut," ucap Nurhadi.

Nurhadi juga mengatakan upaya menekan peredaran narkoba juga dilakukan dengan menggandeng instansi terkait, agar pemberantasan peredaran narkoba bisa dilakukan secara maksimal.

Berita Terkait : DPRD Depok Setujui Dua Raperda Tentang Pendidikan dan Pemberantasan Narkotika

"Contohnya kita beri penghargaan ke Satpol PP DKI lantaran secara masih membantu kerja kerja BNNP terutama dalam sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba," ucap Nurhadi.

Sementara itu Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan pihaknya memang intens melakukan sosialisasi ke sekolah sekolah. Sedikitnya ada 40 sekolah yang menjadi target untuk dilakukan sosialisasi P4GN.

"Kita memiliki program Satpol PP Goes To School, dimana program tersebut kami sosialisasikan program program pemerintah termasuk antisipasi penyalahgunaan narkoba," ucap Arifin.

Berita Terkait : Musisi Ternama Inisial AN Ditangkap Gegara Narkoba

Kemudian bentuk konkret Satpol PP mendukung pemberantasan peredaran narkoba yakni dengan mengadakan pemeriksaan urine secara acak kepada anggota Satpol PP.(wong)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal