Lupa Bawa Tas Berisi Uang Palsu, Warga Negara Nigeria Dicokok Polisi

Senin, 3 Juni 2024, 16:26 WIB
Kriminal

LampuHijau.co.id - Polsek Metro Gambir, Jakarta Pusat menciduk lima pelaku pembuatan uang palsu jenis mata uang dollar USD, dimana satu pelaku diantaranya adalah warga negara asing asal Nigeria. Kapolsek Gambir, Kompol Jamalius L.P Nababan mengatakan pelaku pembuatan uang palsu terbongkar saat Minggu siang (26/5/2024) lalu.

Pihaknya mendapat laporan dari salah satu hotel di wilayah Pecenongan akan penemuan tas hitam berisikan uang dollar USD, milik salah satu penghuni kamar 637. Di dalam tas tersebut ditemukan 362 lembar pecahan 20 dollar USD emisi 2006-2017, 49 lembar pecahan 100 dollar USD emisi 2006-2017, dan satu bandel uang black dollar.

Setelah berkoordinasi dengan pihak hotel, uang tersebut lalu diamankan.  Kemudian, unit reskrim Polsek Metro Gambir meminta data tamu yang menginap di kamar tersebut sehingga mendapatkan satu nama inisal AW (34). 

Berita Terkait : Edarkan Sabu, Warga Desa Belendung Ditangkap Polisi Saat Naik Sepeda Motor

"Unit reskrim Polsek Metro Gambir juga koordinasi dengan Money Changer (penukaran uang mata asing) untuk melakukan pengecekan keaslian uang tersebut, dan diketahui uang tersebut palsu," kata Jamalius, Senin (3/6/2024) di Polres Metro Jakarta Pusat.

Polisi pun melakukan penyelidikan dan menemukan AW di sebuah apartemen di Menteng. Di lokasi tersebut, AW diciduk dengan dua rekannya yaitu inisial MAW (27) dan BH (51) hendak melakukan pencucian uang dollar USD palsu.

Sejumlah barang bukti selain uang palsu yang diamankan saat penangkapan tersebut yakni 12 gulung aluminium foil, dua buah setrika, satu plastik tepung powder, satu botol cairan cemical, satu buah suntikan, alat pengecekan uang dan lainnya.

Berita Terkait : Jual HP Dibayar Pake Duit Palsu, Eh Duitnya Dibeliin HP Lagi, Yang Jual Sadar, Cowok 23 Tahun Dilaporin ke Polisi

"AW perannya memiliki dollar USD palsu dan penyedia uang black dollar. AW perannya penyedia black dollar sementara BH bertugas mencuci uang palsu dan uang black dollar," katanya. BH sendiri merupakan warga negara asing asal Nigeria. Dari penangkapan ketiganya, polisi melakukan pengembangan dan berhasil menangkap dua pelaku lain yaitu SD dan HTS. Keduanya ditangkap di Menteng dengan barang bukti uang dollar USD palsu yang berada di dalam kantong plastik.

Jamalius mengatakan, para pelaku masih dalam tahap mencoba-coba untuk membuat uang palsu. Dari keterangan pelaku, uji coba pembuatan uang palsu telah dimulai sejak dua bulan lalu.

"Mereka mengaku ini baru coba-coba dan jika kualitasnya bagus baru diedarkan," ucapnya.

Berita Terkait : Beli Duit Palsu via Online, Pas Jajan di Pasar Malam, Sekuriti Diciduk Polisi

Jika dirupiahkan, kisaran jumlah uang dollar USD dalam hitungan rupiah mencapai Rp 320'an juta. Atas aksi kriminal pelaku, kelimanya terancam dikenakan Pasal 244 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara. (wong)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal