Biar Kapok, JPU Kejari Depok Tuntut 2 Residivis Narkoba Penjara 8 Tahun

Kamis, 24 Februari 2022, 18:59 WIB
Kriminal

LampuHijau.co.id - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Leli Adespitrikasi menuntut dua residivis narkotika jenis sabu selama 8 (delapan) tahun penjara dan denda sebesar Rp 800 juta subsidair 3 (tiga) bulan penjara di Pengadilan Negeri (PN) Depok.

Di surat tuntutan JPU, terdakwa Imam Sukowati (40 tahun) dan Sulaeman (44 tahun) dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotika dan prekursor narkotika tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman sebagaimana diatur dalam alternatif kedua, Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Berita Terkait : Ketua DPRD Depok ‘Digoyang’, 6 Fraksi Nyatakan Mosi Tidak Percaya

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Imam Sukowati dan terdakwa II Sulaeman dengan pidana penjara masing-masing selama 8 tahun dikurangi selama para terdakwa berada dalam tahanan, dengan perintah para terdakwa tetap ditahan dan denda sebesar Rp 800 juta subsidair 3 bulan penjara," kata Leli dalam tuntutannya, kemarin.

Masih kata dia, untuk barang bukti berupa satu bungkus plastik klip bening yang didalamnya berisi sabu dengan berat brutto 9,80 gram, satu unit handphone merk LG warna hitam, satu unit handphone merk Realme warna hitam dirampas untuk dimusnahkan.

Berita Terkait : Jadi Pengedar Sabu, Eh Ada yang Cepuin, Ghofur Diciduk Trus Dituntut 4 Tahun 6 Bulan Penjara

Untuk diketahui, pada 2016 lalu terdakwa Imam Sukowati dituntut oleh JPU Lira Apriyanti terbukti bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak membeli dan menjual narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman.

Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 6 (enam) tahun dan 6 (enam) bulan dan denda sebesar Rp 1 miliar subsidair 3 (tiga) bulan penjara. Lalu, majelis hakim yang dipimpin Sri Endang Teguh Asmarani dengan anggota Rosana Kesuma Hidayah dan Rizky Mubarak Nazario menyatakan sependapat dengan tuntutan JPU.

Berita Terkait : 2 Jaksa Kejari Depok Jadi Narsum di Bimtek Anggota DPRD Depok

Sementara, terdakwa Sulaeman juga pernah diajukan ke meja hijau oleh JPU Komarudin. Oleh JPU, terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana melakukan percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotika dan prekusor narkotika yang tanpa hak atau melawan hukum menjual, membeli, menerima atau menyerahkan narkotika golongan I.

Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 7 (tujuh) tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar subsidair 2 (dua) bulan. Oleh majelis hakim yang dipimpin Sri Endang Teguh Asmarani dengan anggota Rina Zain dan Hasanuddin, terdakwa Sulaeman divonis selama 6 (enam) tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar subsidair 2 (dua) bulan penjara karena bersalah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat tanpa hak menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I. (HEN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal