Tekan Penyebaran Covid-19, Satpol PP Sisir Pasar dan Stasiun Kereta Kebayoran Lama

Sabtu, 26 Juni 2021, 17:29 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Menekan penyebaran virus Covid-19, jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan kembali melakukan pengawasan dan penindakan terkait aturan PPKM Mikro di wilayahnya. Kali ini, petugas gabungan Satpol PP bersama unsur TNI-Polri memantau penerapan protokol kesehatan di kawasan Pasar dan Stasiun Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan dan Kasie Operasional Satpol PP Jakarta Selatan Daniel Hutajulu turun langsung mengingatkan pedagang dan pengunjung Pasar Kebayoran Lama, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19.

"Kita mau melihat penindakan protokol kesehatan, khususnya tertib masker para pedagang dan pengunjung pasar, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum," kata Ujang Harmawan saat dihubungi, Sabtu (26/6/2021).

Berita Terkait : Soal Penurunan Covid-19, Pras Minta Warga Jakarta Jangan Euforia

Ujang mengatakan, untuk menghimbau pedagang dan pengunjung tertib masker, pihaknya bekerjasama dengan pihak PD Pasar Jaya. "Jika ditemukan yang tidak pakai masker ya, kita tindak. Yang menggunakan masker tidak benar kita imbau dulu, jika imbauan kita tidak didengar ya, kita tindak," kata Ujang.

Ujang mengungkapkan, petugas pasar yang berjaga untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan masih kurang. Selain itu, Ujang juga melihat alat pengukur suhu tubuh thermogun hanya dimiliki banyak yang rusak.

"Thermogun cuma ada tiga. Kalau rusak juga harusnya jangan dipergunakan," ujarnya.

Berita Terkait : Tanggulangi Covid-19, Tiga Perusahaan Swasta Kerja Sama dengan Pemprov DKI

Sejauh ini, kata Ujang, pelaksanaan protokol kesehatan di pasar sudah bagus. Setiap pagi petugas pasar didampingi TNI-Polri mengingatkan pedagang dan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19. Kendati demikian, masih saja ada warga yang ditemukan melanggar aturan tertib masker.

"Sekitar 20 pelanggar tertib dan kita kenakan sanksi kerja sosial," kata Ujang.

"Mereka pelanggar tertib masker rata-rata warga sekitar pasar. Kita khawatirkan sekitar pasar jadi zona merah, selama ini masih zona kuning di sana,"

Berita Terkait : Cegah Penularan Covid-19, Anies: Saat Ini Sudah 5,4 Juta Warga Jakarta Divaksin

Setelah menyisir kawasan pasar, kata Ujang, pihaknya juga memantau penerapan protokol kesehatan di Stasiun Kebayoran Lama. Ujang mengaku, protokol kesehatan di stasiun kereta sudah berjalan dengan baik.

"Prokes di stasiun sudah baik. Kita didampingi oleh kepala stasiun Pak Suyatno saat melihat penerapan prokes stasiun," tandasnya. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal