Langkah Antisipasi Covid-19

Data Arus Balik, Pemprov DKI Bikin Aplikasi Khusus

Jumat, 14 Mei 2021, 19:33 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat aplikasi dalam rangka pendataan arus balik lebaran tahun 2021. Ini khusus untuk pemudik bagi warga Provinsi DKI Jakarta.

"Aplikasi ini bernama aplikasi data warga. Di dalam aplikasi tersebut ada kanal pendataan arus mudik bagi warga Jakarta," kata Anies di Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Berita Terkait : Cegah Covid-19, Bank DKI Gelar Sentra Vaksinasi Booster

Dikatakannya, aplikasi ini sudah familiar di masyarakat. Terutama RT dan RW yang biasa digunakan untuk melakukan pendataan warga non permanen. "Namun saat ini ditambahkan ada kanal pendataan warga arus balik mudik. Dalam pendataan arus balik mudik ini juga ditambahkan kolom swab anti gen/PCR. Jadi, masyarakat yg mudik dimintakan hasil swab anti gen/PCR jika memang reaktif atau positif akan di TL oleh puskesmas untuk dilakukan isolasi mandiri," ujar Anies, didampingi Kepala Biro Umum Pemprov DKI Budi.

Dijelaskan Anies, saat ini sudah ada 29.600 user yang aktif daftar di aplikasi data warga. Jumlah RT di DKI sebanyak 30.754.

Berita Terkait : Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Terus Gelar Tes PCR dan Antigen

"Bagi yang belum melakukan registrasi bisa mendaftar di aplikasi data warga untuk mendapatkan password-nya. Sedangkan username-nya adalah NIK mereka masing-masing," papar Anies.

Harapannya, imbuh Anies, dengan hadirnya aplikasi data warga yang di dalamnya ada fitur pendataan warga arus balik mudik atau arus balik ke Jakarta, maka penyebaran Covid-19 bisa diantisipasi. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal