Hasilkan Perekonomian, Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Salemba Dipamerkan

Minggu, 25 April 2021, 18:06 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Sejumlah kerajinan tangan berbahan kayu dan bambu karya warga binaan Rutan Kelas 1A Jakarta Pusat dipamerkan di halaman Rutan Salemba, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (23/04/21). Pameran tersebut dilakukan menyambut peringatan Hari Pemasyarakatan ke-57, yang jatuh pada 27 April mendatang.

Selain kerajinan miniatur kapal berbahan kayu dan bambu, para warga binaan juga membuat produk seni lain berupa karikatur dan lukisan tangan. Karya-karya seni dipasarkan melalui online dan offline yang dibantu oleh Kepala Rutan Salemba.

Kepala Rutan Kelas I A Salemba Yohanis Varianto mengatakan, pameran yang disebut dengan "One Day, One Prison's Product" ini digelar di halaman Rutan Salemba selama beberapa hari ke depan.

Berita Terkait : Peringati Tahun Baru Islam, Rutan Salemba Gelar Prosesi Wisuda Santri

"Kami membuat pameran di halaman untuk memperkenalkan pada masyarakat umum bahwa banyak produk yang dihasilkan dari warga binaan yang unggul," kata Yohanis di Jakarta, Minggu (25/04/2021).

Yohanis menjelaskan, pameran ini digelar untuk meningkatkan semangat dan motivasi warga binaan terhadap produk yang telah mereka hasilkan. Selain itu, masyarakat umum juga dapat melihat berbagai produk kerajinan tangan hingga kaos sablon yang dibuat oleh para warga binaan selama mereka menjalani pembinaan di Rutan Salemba.

Sebagai bentuk penghargaan, petugas Rutan Salemba juga diwajibkan membeli minimal satu produk dalam satu hari. Dengan begitu, warga binaan semakin termotivasi untuk menghasilkan karya seni lainnya. Yohanis berharap, warga binaan memiliki kemampuan dan modal dalam mencari lapangan kerja, setelah mereka kembali bersosialisasi dengan masyarakat.

Berita Terkait : Segera Sidang, Berkas Perkara 15 Tersangka Pungli Rutan Cabang KPK Dilimpahkan

"Kami berharap mereka bisa mengembangkan kreativitas. Mereka datang di sini, dibina agar kembali ke masyarakat nanti bisa berubah. Masyarakat pun bisa menerima dan mendukung warga binaan," kata Yohanis.

Nantinya, hasil keuntungan dari produk yang terjual akan dimasukkan ke dalam rekening warga binaan sebagai modal mereka. Saat ini, Rutan Salemba menampung sekitar 3.200 warga binaan. Selain melakukan pameran, Rutan Salemba juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mendukung pengembangan diri warga binaan. (RKY)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal