Antisipasi Pohon Tumbang, Sudin Pertamanan Jakpus Topping 991 Pohon

Kamis, 15 April 2021, 20:09 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan sejak Januari 2021 hingga April 2021 sudah ada 991 pohon di Jakarta Pusat yang di pangkas. Pemangkasan pohon meliputi pangkas ringan 265 pohon, pangkas pedang 520 pohon, pangkas berat 178 pohon dan penebangan sebayak 33 pohon. "Penebangan dilakukan terhadap pohon yang keropos, kering atau mati dan yang terkena dampak pekerjaan saluran untuk penanganan genangan dari SDA," kata Mila Ananda saat dihubungi wartawan, Kamis (15/04/2021).

Berita Terkait : Korban PHK EKONID Minta Sudin Nakertrans Jakpus Serius Tanggapi Permasalahannya

Dikatakan Mila, jika memang cuaca ekstrem masih akan terjadi beberapa hari ini, bahkan dari cuaca ekstrem itu banyak pohon tumbang dan ada beberapa diantaranya terdapat korban salah satunya menimpa mobil. Atas hal itu, sejak Januari lalu pihaknya terus melakukan penopingan atau pemakangkasan pada ranting dan batang pohon yang cukup lebat. Hal ini berfungsi untuk mengurangi beban akar pohon itu, sehingga ketika tersapu angin, akar pohon masih cukup kuat.

Berita Terkait : Antisipasi Teror, 3 Pilar Jakpus Optimalkan Patroli Skala Besar

"Salah satunya upaya ya itu harus mengurangi beban batang dengan pemangkasan selain itu sifatnya peremajaan atau beutyfikasi, mempercantik pohon," katanya.

Berita Terkait : Awal 2021, Dua Pohon Besar Milik Dinas Pertamanan DKI Tumbang Timpa Rumah & Kendaraan

Namun Mila menegaskan bahwa tidak semua pohon yang sudah tua dipangkas, biasanya pengaruhnya karena bebas dari daun dan batang pohon, sehingga akar pohon tidak kuat untuk menopang bebas ditambah diterpa angin. "Jadi kejadian Selatan, Timur dan Barat terus jadi kita ketakutan terus pohon tua kita tebang ngak juga. Begitu. Itu karena musibah alam, disebabkan oleh alam hujan deras disertai angin, sehingga akar pohon sampai kecabut," tuturnya. (RKY)
 

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal