Banyak Tak Berizin dan Bermasalah, Anies Instruksikan Penertiban Batching Plant di DKI

Selasa, 23 Maret 2021, 20:26 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Pelanggaran sejumlah aturan yang dilakukan PT Bethamix, perusahaan pembuat beton cor atau batcing plant yang berlokasi di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menjadi sorotan Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan jajarannya melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan batching plant di seluruh DKI Jakarta.

Instruksi tersebut merujuk dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Nomor 234 Tahun 2021. Karena seperti diketahui, keberadaan batching plant dinilai memicu pencemaran lingkungan, seperti polusi udara hingga memicu banjir imbas pembuangan limbah ke dalam saluran air.

Berita Terkait : Tinjau Tiga Pasar, Anies Pastikan Harga Stabil dan Prokes Diterapkan

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, tempat pembuatan beton cor atau batching plant di seluruh DKI Jakarta akan dievaluasi. Evaluasi dan penertiban akan dilakukan berdasarkan ketentuan zonasi yang telah ditentukan.

“Saya tegaskan seluruh kegiatan usaha batching plant di seluruh Jakarta akan dievaluasi secara menyeluruh. Jadi yang tidak sesuai dengan zonasi, tentunya akan ada penindakan,” ujar Arifin saat memimpin pembongkaran batching plant milik PT Bethamix di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Selasa (23/3/2021).

Arifin menegaskan, saat ini Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta sedang menginventarisasi tempat pembuatan beton cor di Ibu Kota.

Berita Terkait : Jalin Silaturahmi, AHY Temui Anies dan Fraksi Demokrat DPRD DKI

Hingga saat ini, ada puluhan tempat pembuatan beton cor yang akan dievaluasi untuk ditertibkan. Menurut Arifin, keberadaan batching plant memiliki dampak lingkungan di sekitarnya.

Sehingga penindakan terhadap batching plant yang tak berizin dan tak sesuai zonasi untuk meminalisir dampak lingkungan.

"Jadi kita akan kembalikan fungsi tata ruang sebagaimana mestinya. Karena memang ada ketentuan zonasi tertentu yaitu zonasi industri yang diperbolehkan,” tegas Arifin.

Berita Terkait : Bukti Tidak Main-main, Anies Bebastugaskan Blessmiyanda dari Jabatan

Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan mengungkapkan, penertiban batching plant milik PT Bethamix merujuk SK Gubernur Nomor 234 Tahun 2021.

Dalam kebijakan tersebut, Pemprov DKI Jakarta membentuk Tim Terpadu Penertiban yang bertujuan untuk menertibkan batching plant bermasalah.

"Banyak sekali usaha seperti ini (batching plant) tidak dilengkapi perizinan. Ini (PT Bethamix) adalah kegiatan perdana penindakan terhadap usaha kegiatan batching plant dan akan terus dilanjutkan di berbagai tempat," kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal