Mantan Dirjen Kemenperin Dukung I Made Dana Tangkas Jadi Caketum IA ITB

Rabu, 10 Februari 2021, 14:06 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Kiprah I Made Dana Tangkas di dunia teknologi patut diacungi jempol. Segudang prestasi pernah diembannya. Bahkan, dia juga memiliki mimpi besar bagi kemajuan Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun Indonesia Emas.

"IA ITB harus menjadi lembaga terkemuka sebagai lokomotif penggerak gerbong pembangunan nasional. Dan sebagai pemersatu yang profesional dan berkarakter untuk membangun Indonesia Emas," ungkap I Made Dana Tangkas, salah satu Caketum IA ITB yang bakal meramaikan bursa kontestasi di Jakarta, Selasa (09/02/2021) kemarin.

Seperti diketahui, bursa calon ketua umum (Caketum) Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2021-2025 mulai ramai diperbincangkan. Para teknokrat itu berkompetisi untuk memimpin organisasi alumni kampus yang banyak melahirkan pebisnis sekaligus teknokrat.

Berita Terkait : Ratusan Remaja Dibekali Wawasan Kebencanaan dan Pelestarian Lingkungan

Made Tangkas juga optimis akan membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul berbasis karakter, kecerdasan, kompetensi hingga motivasi tinggi untuk membangun bangsa. Modal SDM yang tersebar luas itu, sambungnya, harus bisa dimaksimalkan untuk kemajuan Indonesia. Khususnya menciptakan lapangan kerja sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi sebagai recovery dampak Pandemi Covid-19.

"Jaringan itu kita hidupkan, kita fungsikan baik dalam maupun luar negeri dan mengintegrasikan SDM almamater ITB," katanya alumni lulusan Teknik Industri ITB angkatan 1984 itu.

Dia mengatakan, kampus ITB merupakan kor teknologi milik Indonesia. Banyak ahli maupun teknokrat lahir dan dibesarkan dari ITB. Sebagian di antara mereka juga berkiprah di berbagai sektor. Baik di sektor pemerintah maupun sektor swasta. Semua ahli teknologi itu ada disana untuk berbagai sektor, mulai dari pertambangan, agro, maritim, industri, energi, infrastrukturinfrastruktur bahkan start up.

Berita Terkait : Miliki Banyak Prestasi, I Made Dana Tangkas Calon Kuat Ketua Alumni ITB

"Ini yang perlu kita terintegrasi satu sama lain. Supaya kekuatan ini bisa mendukung pemerintah membuka lapangan kerja sekaligus menumbuhkan ekonomi," ujar Presiden Institut Otomotif Indonesia itu.

Sementara dukungan kepada I Made Dana Tangkas juga mengalir dari para senior lulusan ITB. Salah satunya datang dari mantan Dirjen Kemenperin, I Gusti Putu Surya Wirawan. Putu menilai, I Made Dana Tangkas memiliki jaringan yang cukup luas hingga internasional.

"Saya lihat sosok Pak Made punya passion meningkatkan kemampuan produksi di dalam negeri, khususnya dibidang otomotif sampai kepada industri komponennya. Kita akan mampu meningkatkan investasi dan meningkatkan lapangan kerja," pungkasnya. (RKY)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal