Langgar Izin Tinggal, Pedagang Berlian Asal India Ditangkap Imigrasi

Selasa, 19 Januari 2021, 17:53 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Dua warga negara India diamankan petugas Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta dan Imigrasi Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2021). Mereka menjadi tersangka, karena melanggar izin keimigrasian dengan berjualan berlian selama tinggal di Jakarta Timur. Pedagang berlian berinisial MZS (26) dan SNA (26) itu terancam hukuman lima tahun penjara.

Kepala Divisi Imigrasi DKI Jakarta Saffar Muhammad Godam mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan penyidikan yang kemudian ditingkatkan penyidikan terhadap dua orang WNA dari India.

Berita Terkait : Tersangka Mafia Tanah Tukang AC Belum Ditahan, Ini Kata Polisi

“Adapun kegiatannya di lapangan merupakan pelanggaran keimigrasian dengan melakukan kegiatan di luar izin tinggal. Mereka kita temukan melakukan kegiatan perdagangan dengan cara menitipkan barang dagangannnya di satu toko di daerah Blok M, Jakarta Selatan,” kata Godam di Kanwil Kemenkum dan HAM Imigrasi DKI Jakarta Jalan MT Haryono, Jakarta, pada Selasa (19/1/2021).

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Klas I Jakarta Selatan M. Tito Andrianto mengatakan, kedua tersangka melanggar izin tinggal menjadi berbisnis jual-beli berlian. Perhiasan yang mereka jual diduga sintetis.

Berita Terkait : Juara Pelajar Inspirasi Diganjar Penghargaan

“Peningakatan penyidikan dimulai 18 Januari 2021. Jadi, keimigrasian hanya melakukan penindakan penyalahgunaan izin tinggal, dan barang bukti yang kami temukan langsung dari dua tersangka ini,” kata Tito.

Kata Tito, kedua tersangka melanggar tindak pidana keimigrasian pasal 122 huruf A Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. “Ancaman hukumannya lima tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta,” ujarnya.

Berita Terkait : Sambangi Kantor BPK DKI, SGY Ingin Lakukan Kajian dan Analisis Laporan Keuangan Pemprov DKI

Pihak imigrasi, kata dia, juga melakukan pendetesian terhadap kedua tersangka berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Kantor Imigrasi dan membatalkan izin tinggal terbatas kedua tersangka. (RBN)

 

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal