Kadis SDA Juaini Resmikan Pemasangan Dua Unit Pompa di Mabes 13

Rabu, 13 Januari 2021, 15:44 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta Juaini Yusuf bersama Pelaksana Harian Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi dan Kasudin SDA Jakarta Pusat Ahmad Saiful meresmikan pemasangan dua unit pompa, masing-masing berkapasitas 250 LPS di Jalan Pangeran Jayakarta, Kecamatan Sawah Besar, Rabu (13/01/2021) pagi.

Kedua pompa yang berasal dari Yunani tersebut dipasang di bawah trotoar Jalan Pangeran Jayakarta dengan ukuran kolam sekitar 2 meter x 3 meter persegi.

"Kita harapkan pompa kualitas dari eropa lebih bagus, tapi kapasitas yang kita perlukan. Berapa kebutuhan di tempat ini, itulah yang kita siapkan. Agar penggunaannya benar-benar bermanfaat untuk masyarakat mengantisipasi banjir dan genangan," tegas Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf di lokasi.

Berita Terkait : Kadis SDA DKI Pastikan Pembebasan Lahan Terus Berlanjut

Juaini berharap dengan adanya penambahan pompa ini, dapat menambah kekuatan dari pompa lama yang sudah ada. Kedua pompa baru ini berkapasitas masing-masing 250 LPS, dengan cara kerja memompa air dari saluran PHB yang ada langsung ke kali.

"Apalagi jika ada genangan, penyedotan dapat lebih maksimal. Mudah-mudahan adanya penambahan pompa seperti di mangga besar, genangan ataupun banjir di wilayah ini bisa kita kurangi atau kita hilangkan sama sekali," harapnya.

Berita Terkait : Antisipasi Banjir, Dua Unit Pompa Dipasang di Rumah Pompa Mabes 13

Pelaksana Harian Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menambahkan, dengan adanya penambahan pompa 250 LPS ini dapat mengurangi banjir di Jalan Pangeran Jayakarta. Pihaknya juga akan meninjau kembali saat hujan besar terjadi.

"Nanti perlu pengerukan kali. Kemarin saya rapat dengan Pak Wagub, pengerukan kali dioptimalkan. Kita harap di Pangeran Jayakarta bisa begitu, tinggal kita tangani kali aja. Kita juga buat kolam retensi supaya dapat menyerap banjir yang ada di jalan," tambahnya.

Sementara Kasudin SDA Jakarta Pusat Ahmad Saiful mengatakan, keberadaan dua unit pompa kapasitas 150 LPS dan dua unit kapasitas 500 LPS yang sebelumnya ada, sudah tidak memadai untuk menanggulangi genangan di Pangeran Jayakarta. Untuk itu, sambungnya, kita tambahkan dua unit pompa baru kapasitas masing-masing 250 LPS.

Berita Terkait : Dua Pelaku Pemerasan Diringkus Polres Indramayu

"Kedua pompa Drakos Polemis dapat beroperasi jika permukaan air tinggi, pompa langsung menyedot air. Kita tugaskan operator bekerja 24jam yang dibagi 2 shift. Kita juga lakukan perbaikan turap disekitar lokasi," pungkasnya. (RKY)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal