Tokoh Pemuda Jaksel Minta Anies Evaluasi Rekrutmen Calon Anggota FKDM

Senin, 21 Desember 2020, 22:43 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Proses rekrutmen calon anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) untuk tingkat kelurahan dan kecamatan di wilayah Jakarta Selatan menuai sorotan. Para peserta yang lolos sebagai calon anggota FKDM periode 2021-2023, diduga kuat merupakan titipan sejumlah pengurus partai dan anggota DPRD DKI Jakarta.

Dugaan tersebut disampaikan oleh tokoh pemuda Jakarta Selatan Persada Ginting. Dirinya menilai perekrutan anggota FKDM yang digelar Badan Kestauan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta sarat akan kejanggalan. Kejanggalan tersebut, kata dia, berawal dari mulai molornya jadwal pengumuman pendaftaran anggota FKDM. Begitu juga dengan pengumuman seleksi administrasi dan tertulis yang molor dari tenggat yang ditetapkan.

"Saat pengumuman pendaftaran (peserta) saja terkesan ditutup-tutupi, dugaannya agar tidak bisa diakses masyarakat,” kata Persada saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (21/12/2020) malam.

Berita Terkait : Gelar Raker Pertama di Puncak, Anies Minta Anggota FKDM Sosialisasikan 3M

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Bang Sada itu juga menilai, proses seleksi calon anggota FKDM Jakarta Selatan tidak transparan. Sebab, mulai dari seleksi administrasi hingga tes tertulis dan wawancara digelar, pihak panitia seleksi dan Kesbangpol Jakarta Selatan tidak mengumumkan hasil penilaian para peserta. Sehingga calon anggota FKDM, baik yang gugur maupun yang lolos dalam tahapan seleksi, tidak mengetahui nilai yang diperolehnya.

Mereka, diungkapkannya, pasrah menunggu hasil pengumuman sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pihak panitia seleksi dan Kesbangpol Jakarta Selatan. “Hasilnya itu nggak pernah dikasih tahu, buram semuanya. Jadi, mereka itu cuma harap-harap cemas, yang gagal-ya gagal, tapi mereka nggak tahu alasannya bisa gugur (seleksi),” jelasnya.

Terkait hal tersebut, dirinya meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan untuk segera mengevaluasi proses seleksi calon anggota FKDM Jakarta Selatan. Mengingat, anggota FKDM merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Berita Terkait : Muhayar Minta Anies Wujudkan Hunian Layak Untuk Warga DKI

“Peran anggota FKDM itu sangat vital, sebagai perpanjangan tangan Pemda. Jangan sampai anggota FKDM itu disusupi parpol dan justru dimanfaatkan untuk kepentingan politik,” jelas Bang Sada.

“Pak Anies harus segera ambil sikap, jangan sampai program Pemprov DKI malah dimanfaatkan pihak tertentu,” tegasnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Jakarta Selatan Dirhamul Nugraha, membantah tidak transparannya proses seleksi calon anggota FKDM. Dirinya berkilah seluruh tahapan seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi hingga pengumuman peserta lolos yang dijadwalkan pada Selasa (22/12/2020) itu dilakukan sesuai dengan ketentuan oleh tim seleksi yang ditunjuk Kesbangpol DKI Jakarta.

Berita Terkait : Penyebaran Corona Masih Tinggi, Pakar Minta Anies Pertahankan PSBB Transisi

“Jadi, Timsel yang menentukan semua anggota FKDM yang lulus, kita di sini nggak punya kewenangan, semuanya Timsel yang memutuskan,” ungkapnya, ditemui di Kantor Kesbangpol Jakarta Selatan pada Senin (21/12/2020). (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal