Akhiri Covid-19 dengan Vaksin dan Penerapan Protokol Kesehatan

Kamis, 17 Desember 2020, 12:30 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Rencana vaksinasi covid-19 di Indonesia masih terus dimantapkan. Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) sedang mengevaluasi keamanan dan efektivitas vaksin yang tiba beberapa waktu lalu.

Berita Terkait : Epidemolog Ragukan Vaksin Nusantara Terawan

Setelah itu, baru diedarluaskan ke masyarakat. Vaksinolog dan Spesialis Penyakit Dalam Dirga Sakti Rambe menilai, banyak spekulasi di masyarakat terkait vaksin. Padahal saat ini, kajian masih dilakukan BPOM. Izin edar pun belum dikeluarkan. ”Ini adalah upaya pemerintah untuk memastikan, vaksin yang kita gunakan betul-betul aman dan efektif,” kata Dirga.

Berita Terkait : Tim Pemburu Covid-19 Razia Tempat Hiburan di Hotel, 4 Anggota Polri Ditemukan Berada di Lokasi

Dia menyampaikan, vaksinasi merupakan upaya pemerintah dalam mengakhiri pandemi. Dia tidak sepakat jika covid-19 akan hilang dengan sendirinya. Butuh langkah-langkah nyata untuk mengakhiri pandemi.

Berita Terkait : Pelaksanaan Testing di Indonesia Salah Sasaran

”Kita tidak bisa berdiam diri, ekonomi kita terpukul, bekerja juga menjadi sulit. Oleh karena itu, perlu ada upaya-upaya ekstra, yaitu protokol kesehatan harus dijalankan secara konsisten, dengan adanya vaksinasi nanti diharapkan membantu, karena vaksin memberi proteksi yang bersifat spesifik,” terang Dirga.(FrK)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal