Patroli Skala Besar

Tim Pemburu Covid-19 Jakpus Bubarkan Sejumlah Kerumunan

Minggu, 13 Desember 2020, 20:12 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Tim pemburu Covid-19 Jakarta Pusat melakukan razia skala besar penegakkan protokol kesehatan dengan sasaran kerumunan warga di sejumlah lokasi, Sabtu (12/12/20) malam. Lokasi penyisiran dimulai dari kawasan Monas, Bundaran HI, sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Senayan City, sepanjang Jalan Asia Afrika hingga Semanggi. 

Petugas gabungan 3 pilar yang mengendarai motor berusaha menggebah para remaja bermotor yang tengah berkumpul di kawasan Monas secara persuasif. Para remaja tersebut kerap berkumpul dan melakukan aksi kebut-kebutan di jalanan kawasan Monas. Dalam patroli skala besar tersebut, suara sirine mobil aparat keamanan turut mengiringi tiap rute patroli. 

Setelah mensterilkan kawasan Monas dari para pengendara yang berkerumun, petugas melanjutkan perjalanan menuju Bundaran HI dan Jalan Jendral Sudirman. Di sekitar kawasan Stasiun Sudirman, petugas mendapati para remaja tengah berkumpul bermain skateboard. Petugas pun membubarkan paksa para remaja tersebut. 

Berita Terkait : Sosialisasikan Prokes Ajak Warga Cegah Covid-19, PWI Jakbar Tes Antigen

Sementara beberapa pengendara dan komunitas motor yang asik nongkrong di sepanjang Jalan Sudirman juga tak luput dari pembubaran petugas. Penyisiran terus berlanjut hingga ke kawasan Jalan Asia Afrika dan Senayan City. 

Di lokasi Senayan City, petugas gabungan bermotor mendapati banyaknya pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan para remaja. Mereka banyak yang tidak memakai masker saat berada di kawasan kuliner malam hari. Selain itu, petugas juga tidak menemukan adanya pembatasan jarak tempat duduk di lokasi itu. 

Plh Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi yang ikut dalam patroli prokes itu geram ketika mengetahui masih ada pelanggaran kerumunan massa. Menurutnya, Covid-19 di Jakarta belum berakhir bahkan jumlah kasus terus meningkat. Dia juga menyayangkan pihak manajemen Senayan City yang menjadikan area parkir motor menjadi tempat dagang makanan. "Baik itu management ataupun jika ada ormas yang mengelola akan kita panggil dalam waktu dekat," tegasnya. 

Berita Terkait : 3 Program Polri Turunkan Covid-19 di Jakarta, Bagikan Minimal 100 Ribu Masker Hingga Fasilitasi Swab Gratis

Salah satu ormas yang mengelola mengaku perubahan fungsi area parkir motor menjadi tempat berdagang makanan sudah berjalan satu bulan. Dan pihak manajemen Senayan City telah memperbolehkan area tersebut. "Hanya malam hari saja ini kok dan pagi sudah jadi area parkir lagi," singkat salah satu ormas yang tidak mau menyebutkan namanya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto meminta warga untuk tidak nongkrong di massa pandemi Covid-19. Terlebih kasus Covid-19 di Jakarta masih sangat tinggi. "Selama PSBB berjalan kita tetap lakukan pembubaran kerumunan warga," ungkapnya.
Selain itu, Heru mengatakan bahwa tiga pilar di Jakarta Pusat melarang warga untuk membuat acara dalam bentuk apapun yang menciptakan kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19. 

Selain membubarkan kerumunan massa di area publik, petugas kemudian menyidak tempat hiburan malam No Logic di Jalan Sabang, Menteng pada Minggu (13/12/20) dini hari. Petugas menindak lantaran lokasi itu melanggar protokol kesehatan dan melewati jam operasional. 

Berita Terkait : Tim Pemburu Covid-19 Razia Tempat Hiburan di Hotel, 4 Anggota Polri Ditemukan Berada di Lokasi

"Kalau dalam aturan selama pandemi Covid-19 cafe hanya boleh beroperasi hingga pukul 22.00 WIB," ucap Agus, salah satu petugas Satpol PP Jakarta Pusat di lokasi. 

Agus mengatakan tempat ini ditutup 1x24 jam. Jika kedapatan melanggar lagi maka pihak manajemen tempat hiburan akan dikenakan denda yang telah ditetapkan. Dari keterangan penanggungjawab bahwa pihaknya mengakui salah. "Penutupan ini kita bersama Polri dan TNI. Mereka tidak boleh beroperasi sementara waktu," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, saat petugas mendatangi tempat hiburan tersebut, satu persatu pengunjung menghindar dan memilih keluar cafe. Terlihat pula beberapa pengunjung dalam keadaan mabok. Petugas juga menemukan sejumlah botol minuman beralkohol yang sudah dibuka para pengunjung cafe tersebut. (RKY)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal