Talenta Harus Dikembangkan, Sarana Jaya Buat Peta Potensi Karyawan

Kamis, 8 Oktober 2020, 09:15 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang paling berharga dalam perusahaan. Kualitas sebuah korporasi tidak akan lepas dari kualitas SDM yang dimiliki.  Hal itu juga yang saat ini semakin diperhatikan oleh BUMD DKI Jakarta, salah satunya adalah Perumda Pembangunan Sarana Jaya.

Direktur Administrasi dan Keuangan Sarana JayabBima P. Santosa menuturkan, di tengah perkembangan zaman dan tantangan yang tak terduga, pembangunan SDM menjadi semakin penting. ’’Jadi pembangunan SDM itu tantangan, bukan hanya di BUMD. SDM itu investasi besar semua korporasi,’’ terang Bima di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Berita Terkait : Surya Paloh Politisi Tingkat Dewa dan NasDem Layak Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Di DKI Jakarta, sambung Bima, sudah ada Program BUMD Academy yang diadakan Pemprov DKI melalui Badan Pembina BUMD DKI. Tujuannya mendorong setiap karyawan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan begitu, BUMD-BUMD dapat semakin berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga Jakarta.

’’BUMD Academy itu bisa mendorong peningkatan talenta. Sekarang ininkami sedang melakukan mapping terkait potensi karyawan,’’ terangnya.

Berita Terkait : Polres Metro Jakarta Pusat Kembali Menangkap Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur

Menurut Bima, hal itu sangat bermanfaat bagi perusahaan, juga karyawan. Sebab muncul peluang berkarir tidak hanya di satu BUMD. "Jadi, ke depan karir pegawai BUMD sama dengan di SKPD. Bisa pindah ke BUMD lain. Itu membuka ruang untuk karyawan berkembang lebih baik dan tetap mensejahterakan warga Jakarta,’’ ucapnya.

Meski menguntungkan, Bima tidak menampik konsekuensi persaingan yang menjadi lebih ketat. Sebab, sistem kepempinan korporasi seperti piramida. Semakin tinggi posisi atau jabatan, semakin sedikit orang yang berpeluang. Maka masing-masing karyawan memiliki PR besar, yakni mengembangkan diri.

Berita Terkait : Satu Orang Meninggal, Seluruh Jajaran Polres Jakarta Pusat Turun Tangan Atasi Tawuran

"Jelas bahwa pengembangan manajemen talenta itu menjadi salah satu bagian key performance indicator (KPI) Direksi. Makanya kami siapkan peta besar pengembangan talenta,’’ tambahnya. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal