Stiker di Rumah Pasien Isolasi Mandiri Agar Warga Sekitar Lebih Waspada & Peduli

Sabtu, 3 Oktober 2020, 08:39 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Gubernur Anies Baswedan akan memasang stiker pada rumah yang menjadi tempat isolasi mandiri. Namun hal itu mendapat tentangan dari anggota DPRD DKI Jakarta. Pemasangan stiker pada rumah pasien corona justru akan membuat stigma buruk muncul di lingkungan tempat tinggal pasien tersebut. Namun Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan stiker tetap harus dipasang.

Hal itu sebagai tanda bahwa ada di kawasan ada seseorang yang terpapar Covid dan tengah menjalani isolasi di rumah. "Semua harus tahu bahwa di rumah itu ada anggota keluarga yang memang terpapar," ujar Riza.

Berita Terkait : Jakarta Siap Lakukan Vaksinasi Sehari Setelah Jokowi Disuntik

Dengan mengetahui, maka masyarakat akan lebih waspada. Mereka  serta merta menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan lebih disiplin. "Ini juga menjadi peringatan bagi kita semua bahwa di lingkungan kita, di sekitar kita ada yang terpapar supaya kita semua ke depan lebih waspada, lebih hati-hati lagi," jelasnya.

Riza menegaskan lagi pentingnya menjalankan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan saja. Menjaga kesehatan tubuh dengan asupan bergizi serta vitamin juga dianjurkannya. "Meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehaatan kita. Dengan cara tidur teratur, olahraga teratur, makanan bergizi dengan suplemen dan lain sebagainya," katanya.

Berita Terkait : Lagi Isolasi Mandiri (Kena Corona), Emak-emak Kabur dari Rumah Trus Nyebur ke Danau Cipondoh, Tewas

Sebelumnya, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menentang rencana pemasangan stiker pada rumah yang menjadi tempat isolasi mandiri. Takutnya hal itu akan menimbulkan konflik. Ketua fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan, stiker tersebut nantinya menimbulkan stigma negatif. Sebab tindakan setiap orang dalam menyikapi adanya pasien corona di dekatnya berbeda-beda, apalagi di perkampungan.(LHTJ)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal