Pembagian 34 Juta Masker Tanpa Ikuti Protokol Kesehatan

Kamis, 10 September 2020, 16:52 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Kampanye jaga jarak dan pembagian masker untuk memutus penyebaran Covid-19 hanya slogan belaka. Buktinya, pada acara puncak kampanye sekaligus pembagian masker secara serentak di seluruh Indonesia.

Acara yang dipusatkan di lapangan Promoter Polda Metro Jaya Kamis (10/9/2020) pagi, tidak mengindahkan protokol kesehatan, seperti berkerumun atau ambil jarak. Dihadiri instansi terkait seperti TNI, Polri, KPU serta Satgas Covid-19 menyosialisasikan protokol kesehatan sekaligus membagikan sebanyak 34 juta lebih masker di seluruh Indonesia, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Para pejabat yang hadir terlihat Wakil Kapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sidjana, Menteri BUMN Eric Tohir, Wakil Kepala Dtaf Angkatan Darat (Wakasad), Gubernur DKI, dan lainnya.

Berita Terkait : PDI Perjuangan Ajak Masyarakat Kabupaten Subang Patuhi Prokes

“Total masker secara simbolik seluruh Indonesia ada 34 juta lebih buah masker akan dibagikan secara serentak hari ini dan besok,” kata Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Purnomo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Gatot menyampaikan hal itu dalam acara pembagian masker secara serentak di Polda Metro Jaya serta Pilkada 2020 yang damai. Sebanyak 34 juta masker itu akan dibagikan oleh seluruh polda dan polres di seluruh Indonesia.

Dia menyampaikan, jika acara di Polda Metro pada hari ini juga disaksikan secara virtual oleh jajaranya di seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan ketertiban penggunaan masker masyarakat.

Berita Terkait : Petugas Gabungan Terus Ingatkan Warga Subang agar Patuhi Prokes

“Kegiatan ini dihadiri seluruh Kapolda jajaran melalui video conference termasuk para pasangan calon, timses melalui video conference kita juga langsung streaming Youtube, IG agar masyarakat bisa lihat,” beber Gatot.

Selain itu, Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) itu mengatakan hari ini pihaknya juga melaunching kegiatan Operasi Yustisi. Operasi itu bertujuan untuk lebih mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Pendisiplinan harus tegas makanya hari ini kita launching Operasi Yustisi penegakan masker. Di situ ada polisi, TNI, Satpol PP, kejaksaan, hakim itu akan dilakukan pagi, siang, malam untuk masyarakat dengan sanksi yang tegas,” kata Gatot.

Berita Terkait : 3.823 Pelaku Premanisme dan Pungli Ditangkap

Untuk diketahui, di Polda Metro Jaya sendiri Polri membagikan lima juta masker ke seluruh wilayah Metro Jaya hari ini. Wilayah Metro Jaya itu terdiri dari Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang. Sayangnya, acara tersebut terkesan tidak mengindahkan protokol kesehatan. (DIR)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal