PMI Jakpus Bagikan 395 Alat Semprot dan 68 Toren Wastafel

Kamis, 30 Juli 2020, 17:47 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - PMI Jakarta Pusat menyerahkan 395 spraygun disinfektan dan 68 toren wastafel kepada Pemkot Jakarta Pusat secara simbolis. Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara di halaman Kantor Pemkot Jakarta Pusat, Kamis (30/07/20).

"Masing-masing RW mendapatkan satu toren pencuci tangan lengkap, sprayer, hand sanitizer, dan disinfektan dari PMI untuk seluruh RW di Jakarta Pusat. (Penyerahan) kami kumpulkan hari ini perwakilan dari zona merah. Ada RW 04 Kelurahan Cempaka Putih Timur, RW 12 Kelurahan Kebon Melati, dan RW 05 kelurahan Kramat. Jadi sengaja saya kumpulkan untuk perwakilan," ungkapnya.

Berita Terkait : Wakil Wali Kota Jakpus Pastikan Stok Pangan Aman Selama Ramadan

Seperti diketahui, penyebaran virus Covid-19 di Jakarta Pusat kembali merangkak naik. Untuk itu, PMI Jakpus juga membuat program Penguatan Respon Covid-19 di Tingkat Masyarakat dengan membentuk 30 RW siaga. Tujuannya, agar lebih cepat mendeteksi pergerakan Covid di lingkungan.

Kepala Markas PMI Jakarta Pusat Edward menambahkan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian PMI kepada pemerintah, karena di Jakarta Pusat banyak zona merah. "Hari ini kita serahkan 395 spraying dan 68 toren wastafel cuci tangan ke tiap RW masing-masing 1 unit. Kita juga ada program RW siaga, ada 30 RW di Jakpus," ujarnya.

Berita Terkait : Bang Nara Bagikan 400 Paket Sembako buat Warga dan Keluarga Besar Forkabi Se-Jabodetabek

"Program 30 RW itu nanti sebagai penguatan masyarakat. Mereka mengadakan kunjungan, pertemuan dan memberikan laporan terkait kondisi wilayah ke PMI. Biaya operasional selama mereka melaksanakan kegiatan kita berikan sebesar 10 juta," jelasnya.

Pembentukan RW siaga akan dilakukan bervariasi tiap zona. "Tidak ada kriteria khusus untuk RW zona merah dan zona hijau. Kalau ada variasi itu lebih bagus. Harapannya, jika ada zona merah, dengan adanya program ini bisa enggak dia hijau. Jika sudah hijau, kenapa kok bisa merah. Jadi ini untuk deteksi dini di masyarakat," imbuhnya.

Berita Terkait : Dokter Dian Bagikan 1.000 Paket Sembako Kepada Ojol dan Warga

Nantinya, dana senilai Rp10 juta tiap RW tersebut untuk pembinaan selama 3 bulan. "Dana pembinaan Rp10 juta untuk 1 kegiatan selama 3 bulan. Rp10 juta untuk 3 bulan," tutupnya. (RKY)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal