Agar PAD Meningkat, Afni: Dharma Jaya Harus Lakukan Inovasi

Jumat, 26 Juni 2020, 08:41 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta mendorong PD Dharma Jaya untuk berinovasi dengan melakukan pengembangan berbagai produk baru, untuk meningkatkan pendapatan pada postur APBD tahun anggaran 2020.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Nur Afni Sajim menilai, jika Dharma Jaya hanya terpaku dengan bisnis yang saat ini berjalan dipastikan pendapatan hanya berlangsung stagnan atau bahkan merosot karena terdampak pandemi Covid-19.

Berita Terkait : LEMKAPI Ganjar Polres Majalengka Penghargaan karena Banyak Inovasi

"Kalau hanya mengandalkan penjualan kepada pemegang KJP, ya sangat disayangkan. Jadi, Dirut harus berpikir cara mengembangkan usaha mereka," ujarnya pada rapat kerja di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Politisi Partai Demokrat ini menyarankan, agar PD Dharma Jaya membuat produk siap saji dari bahan hewani yang dimilikinya, seperti susu fermentasi (yogurt) dan daging kering atau dendeng sapi.

Berita Terkait : Bareng BPBUMD dan Direksi, Sarana Jaya Ramaikan Gowes Sepeda di Ancol

"Bikin produk lain, usulin, kalau belum disetujui asisten, belum disetujui Gubernur, diskusikan dengan pimpinan komisi B, karena inikan untuk meningkatkan pendapatan Dharma Jaya juga," kata Afni yang juga mantan Ketua DPC Partai Demokrat Jakarta Barat tersebut.

Sementara untuk pendistribusian produk, ia mengusulkan agar PD Dharma Jaya menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lainnya seperti Perumda Pasar Jaya untuk menyewa tempat yang mudah dijangkau para konsumen. "Kerja sama dong dengan pasar, minta dibuatin kios untuk memasarkan produk Dharma Jaya. Contohnya seperti Jakmart gitu. Jadi ketika masyakarat terdekat mau nyari daging dengan kualitas oke, gampang mencarinya," ungkap Nur Afni.

Berita Terkait : Cegah Corona, Sarana Jaya Lengkapi Wastafel di Menara Samawa

Sementara, Direktur Utama (Dirut) PD Dharma Jaya Raditya Endra Budiman menjelaskan bahwa pihaknya tengah berupaya menginovasi penjualan sejumlah produk-produk unggulan. Seperti membuat makanan kaleng, juga rendang yang akan didistribusikan ke rumah makan. Bahkan, PD Dharma Jaya memberikan kesempatan kepada para pegawainya untuk menjadi reseller daging potong agar mempermudah pendistribusian ke seluruh konsumen.

"Kita sudah melakukan inovasi seperti membuaka reseller, kita mulai dari pegawai Dharma Jaya. Itukan bisa menjadi masukan buat mereka juga, karena perusahaan sedang tidak baik terlebih saat Covid-19. Itu menjadi cikal bakal untuk menjadi online kita, jadi reseller bisa jadi stokies, sehingga ongkos kirim menjadi murah," katanya. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal