Agar Banjir Tak Terulang, Pras: Dewan Minta Seluruh SKPD Diminta Bersinergi

Selasa, 24 Desember 2019, 10:12 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menegaskan, dewan mendesak semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi penanganan banjir menjaga sinergitas kerja. Upaya tersebut perlu dilakukan mengingat bidang kerja dari beberapa SKPD saling berkaitan.

"Seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang membidangi langsung pengendalian air, harus mendapat dukungan infrastruktur berupa salurannya dari jalan menuju sungai kecil dari Dinas Bina Marga," kata Om Pras, sapaan akrab Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Ditambahkan Bendahara DPD PDIP DKI Jakarta ini, begitu pula dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) yang membidangi langsung penanganan sampah. Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), diharapkan memberikan peringatan kepda SKPD-SKPD tersebut sebelum memasuki musim penghujan.

Berita Terkait : Permasalahan Banjir Nggak Selesai-selesai, Warga Minta Pemkot Bekasi Serius Cari Solusi

“Jadi yang ingin kita dorong dari SKPD terkait, bagaimana cara mereka tidak menyalahkan satu sama lain. Mereka harus bersinergi mengantisipasi banjir.

Seperti banjir di mal Senayan beberapa waktu lalu, ada kekeliruan di lapangan seperti drainase yang tertutup atau mampet. Dan sudah saya suruh langsung diperbaiki,” ujar Om Pras.

Pras juga mengingatkan, agar SKPD teknis mitra kerja Komisi D DPRD DKI Jakarta mengoptimalkan program penanganan banjir. Semisal, penataan tali dan saluran, serta pengerukan sungai-sungai yang ada. Tak kalah penting, ia meminta jajaran SKPD tersebut juga memperkuat koordinasi sebagai bagian dari antisipasi sebelum musim penghujan.

Berita Terkait : Dukungan ke Gama Terus Mengalir, Pras: Kali Ini Ribuan Ojol Salurkan Dukungan Lewat TPD DKI

“Tak salah juga kalau pemprov DKI mencontoh Surabaya. Itu bagus, dan tidak mahal, jadi pembuangan air di sepanjang jalan tidak perlu menuju trotoar. Dan air langsung terserap kedalam tanah,” terangnya.

Sementara Asisten Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta Yusmada Faizal menerangkan, pihaknya sebagai SKPD teknis yang bersinggungan dengan pengendalian banjir telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD).

“Jadi kami pastikan, semua tim kita ini bergerak. Meskipun hujan itu tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Kita sudah berkomunikasi dengan grup WA, jadi kalau hujan dengan intensitas tinggi terjadi sudah dikasih tahu oleh BPBD bahwa akan terjadi hujan dengan intensitas sekian, dan tolong untuk bersiap. Jadi selalu ada pergerakan informasi-informasi yang akan terjadi sudah masuk semua,” ungkapnya.

Berita Terkait : HUT PDI Perjuangan ke 51 Pras: Pesan Ibu Mega, Kita Harus Turun ke Rakyat

Meski demikian, pihaknya akan tetap memperhatikan saran dan masukan Ketua DPRD DKI agar pengendalian banjir di DKI Jakarta dapat berjalan secara berkesinambungan. Seperti pengendalian banjir melalui pola tahan, hambat, resap.

“Lalu seperti pengendalian banjir dan drainase, urusan konservasi air tanah dan air minum, air limbah dan air rob dan pesisir pantai,” tandas Yusmada. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal