Triwulan III 2019, Benni: Investasi di Jakarta Tertinggi Dalam Sejarah

Kamis, 7 Nopember 2019, 17:29 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia kembali merilis data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) pada periode Triwulan III (Juli s.d. September) tahun 2019, yang mencapai Rp205,7 triliun.

Realisasi investasi berdasarkan lokasi proyek terbesar (lima besar) yaitu: DKI Jakarta (Rp41,1 triliun, 20,0%); Jawa Barat (Rp33,4 triliun,  16,2%); Jawa Timur (Rp14,8 triliun, 7,2%); Riau (Rp13,1 triliun, 6,4%); dan Jawa Tengah (Rp11,1 triliun,  5,4%). Berdasarkan data tersebut, realisasi investasi di Provinsi DKI Jakarta mengalami peningkatan yang signifikan, dan menjadi perolehan realisasi investasi terbesar dalam sejarah realisasi investasi per triwulan di Jakarta.

Berita Terkait : Korps Alumni KNPI Dilantik, Pras: Pemuda Jakarta Harus Berani Ambil Risiko

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra menyampaikan, realisasi investasi pada Triwulan III tahun 2019 telah menorehkan catatan kinerja terbaik bidang penanaman modal bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Realisasi investasi PMDN dan PMA pada Triwulan III tahun 2019 berhasil menembus Rp.41,1 triliun. Angka ini merupakan tertinggi dalam sejarah realisasi investasi DKI Jakarta per triwulan.” kata Benni, saat ditemui di Jakarta Investment Centre, Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Jl. HR Rasuna Said Kav. C22, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2019).

Berita Terkait : Odong-odong Dilarang Beroperasi di Jakarta, Bisa Dipenjara & Denda 24 Juta 

Realisasi investasi Provinsi DKI Jakarta pada Triwulan III tahun 2019 sebesar Rp41,1 triliun, meningkat 56,9 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018. Terdiri dari realisasi PMDN sebesar Rp15 triliun dengan 708 proyek dan realisasi PMA sebesar Rp26,1 triliun (US$ 1,7 miliar) dengan 2.552 proyek. Pada periode triwulan III tahun 2019, realisasi PMA di Provinsi DKI Jakarta tertinggi dibandingkan realisasi PMA provinsi lain di Indonesia.

“Berbagai program dan kebijakan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkait bidang penanaman modal dan kemudahan perizinan, telah menjadikan DKI Jakarta sebagai primadona  investasi bagi para investor dalam negeri maupun investor asing yang akan menanamkan modalnya di Indonesia” ujar Benni.

Berita Terkait : Kebanggaan Bagi Warga DKI, Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Ia menambahkan, visi Anies Baswedan dalam mewujudkan ‘Wajah Baru Jakarta’ yang berbakti, berhati, berkolaborasi dan merangkul, juga diterapkan dalam kebijakan penanaman modal dan kemudahan perizinan di Jakarta.

Fokus kegiatan strategis daerah penanaman modal dan kemudahan perizinan tersebut, antara lain pengoptimalisasian Jakarta Investment Centre (JIC), perbaikan peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business) di mana Jakarta berkontribusi sebesar 78% dalam penilaian World Bank, mengoperasikan gerai memulai usaha (starting business corner) di Mal Pelayanan Publik, mendorong para investor di Jakarta. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal