Kategori Non BUMD, BAZNAS Raih Penghargaan Padmamitra Award

Rabu, 6 Nopember 2019, 12:39 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima Padmamitra Award 2019 dari Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta bersama Forum CSR DKI, Selasa (5/11/2019) malam. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Direktur Utama BAZNAS Arifin Purwakananta.

Penghargaan ini diberikan kepada organisasi profit maupun non profit, yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. BAZNAS memenangkan Padmamitra Award 2019 untuk Kategori "Keberlanjutan Dalam Rantai Nilai Organisasi" berkat program-program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang telah terasa dampaknya.

Dewan juri menilai program-program unggulan BAZNAS seperti Zakat Community Development (ZCD), Program Lumbung Pangan, Z-Mart, Balai Ternak, BAZNAS Microfinance Desa dan Program Mustahik Pengusaha.

Berita Terkait : BAZNAS Raih Penghargaan Indonesia Scholarship Award 2019

Arifin Purwakananta mengatakan, seluruh program unggulan BAZNAS ini telah melalui proses penyaringan, baik secara dokumen maupun presentasi di depan dewan juri.

"Dewan juri menilai, BAZNAS menjadi yang terbaik dalam membangun keberlangsungan tata nilai organisasi pada program-program pemberdayaan masyarakat, mulai dari visi hingga pelaksanaan programnya di tanah air," katanya.

Ia mengatakan, BAZNAS berterimakasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini merupakan wujud dari makin dipercayanya BAZNAS oleh masyarakat dalam membantu mereka yang mengalami kesulitan dengan menggunakan dana ZIS.

Berita Terkait : Jaya Ancol Kembali Raih Padmamitra Awards

“Penghargaan ini akan memantik kinerja BAZNAS, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/ Kota dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk makin meningkatkan program-program pemberdayaan dalam upaya emberantasan kemiskinan melalui dana ZIS,” katanya.

Penghargaan ini, kata dia, dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada BAZNAS. Arifin berharap kepercayaan publik yang meningkat ini dapat meningkatkan gerakan zakat di Indonesia dan menjadi contoh bagi program pemberdayaan pada gerakan filantropi yang lebih luas.

Selain Kategori Keberlanjutan Dalam Rantai Nilai Organisasi, Padmamitra Award 2019 juga menilai 14 kategori lain seperti pengentasan kemiskinan, Penanggulangan Bencana dan Pengentasan Korban, Program Sosial yang memberikan Dampak yang Berkelanjutan, Inovasi Sosial, Inovasi Digital dan Kontribusi di dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Berita Terkait : Lebih Spesifik, BAZNAS Bantu Hidup Sehat via pedulisehat.id

Ketua Dewan Juri dalam seleksi penghargaan ini ialah Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, MSc. Sekretaris Dewan Juri, Dr Ing Mahir Bayasut ST MM dan anggota Prof dr Fasli Jalal, Phd; Dr Maria Nindita Radyati, Phd; Ir Amalia Yunita, MM dan Merry Yanuarita MM. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal