Idul Adha 1445 Hijriah, Rutan Salemba Terapkan Metode Baru Penyembelihan Hewan Kurban

Senin, 17 Juni 2024, 14:40 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Petugas Rutan Klas I Salemba menerapkan pola baru dalam melakukan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445. Pola tersebut yakni dengan digunakannya alat bantu perebah sapi. Alat ini membuat proses penyembelihan bisa lebih cepat.

Pantauan di lokasi alat bantu tersebut merupakan dua besi yang mirip tutup kandang kuda. Fungsi dari alat ini adalah untuk memudahkan para penyembelih mengikat kaki sapi. Selanjutnya setelah kaki sapi terikat besi tersebut dijatuhkan seraya sapi yang kakinya sudah terikat langsung tersungkur.

Berita Terkait : Peringati Tahun Baru Islam, Rutan Salemba Gelar Prosesi Wisuda Santri

Kepala Rutan Klas I Salemba, Fauzi Harahap mengatakan, ada 16 ekor sapi dan sembilan ekor kambing yang dipotong di rutan. Jumlah hewan kurban ini meningkat dibandingkan tahun lalu (sapi 14 ekor dan kambing delapan ekor). Satu sapi yang dipotong merupakan pemberian Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly.

Lebih lanjut Fauzi menyebut pihaknya menggunakan inovasi dengan model alat perebah. "Jadi setelah beberapa pengalamaan di tahun sebelumnya, tim pelaksanaan kurban kami di rutan klas 1 Salemba mencoba mengkaji dengan inovasi yang ada saat ini. Ini merupakan hasil inovasi yang dipelajari sumber-sumber yang sudah melaksanakan penyembelihan dengan alat ini," ujarnya.

Berita Terkait : Hari Raya Idul Adha 1445 H, DKM Nurul Fata Sembelih Satu Sapi dan Empat Domba

Dengan alat perebah dapat meminimalisir resiko pemotongan hewan kurban. Selain itu, Fauzi menerangkan pula bahwa tidak ada remisi khusus yang diberikan di perayaan Idul Adha.

"Remisi khusus hanya diberikan pada hari raya Idul Fitri dan sekali dalam setahun," tutupnya.(wong)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal