Jakreatifest 2024, Inisiatif Bank Indonesia Dukung Jakarta Kota Global

Jakreatifest 2024. (Foto: ist)
Selasa, 21 Mei 2024, 12:02 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Pasca melepas status sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta memasuki babak baru, yakni legitimasi posisi sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

Dalam mengakselerasi misi strategis tersebut, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, sebagai mitra advisory bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, secara progresif memperkuat sinergi antar stakeholders. Terutama para pelaku ekonomi di wilayah DKI Jakarta.

"Selama ini, secara konsisten KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta telah berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekonomi di wilayah DKI Jakarta, antara lain melalui penjagaan stabilitas nilai inflasi rupiah, pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM, serta dorongan dalam perluasan investasi dan digitalisasi," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Salah satu wujud konkret dari upaya tersebut, kata Arlyana, dapat dijumpai pada Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada hari Kamis hingga Minggu (6-9 Juni 2024, di Grand Atrium, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Berita Terkait : JaKreatiFest 2024 Ditutup, BI DKI Catat Transaksi Penjualan Capai Rp 12 Miliar

"Acara ini merupakan program tahunan dari KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan sejak tahun 2021," papar Arlyana.

Pada tahun keempat pelaksanaannya ini, lanjutnya, Jakreatifest 2024 mengusung tema ”Inovasi Jakarta Menuju Kota Global”.

Arlyana memaparkan bahwa melalui kehadiran Jakreatifest, diharapkan akan terbangun dukungan yang lebih solid untuk eskalasi peran UMKM dan Pariwisata dalam menggerakkan roda perekonomian, terpacunya pembentukan ekosistem produk/jasa sistem pembayaran berbasis digital, terakselerasinya pertumbuhan ekonomi serta terjaganya stabilitas harga di wilayah Jakarta.

"Terdapat tiga program unggulan Jakreatifest tahun 2024, yaitu peningkatan kapasitas pemasaran dan pembiayaan, digitalisasi sistem pembayaran dan dukungan stabilitas harga pangan," jelas Arlyana.

Berita Terkait : Jakarta Kreatif Festival 2024 "Inovasi Jakarta Menuju Kota Global"

Main event Jakreatifest 2024 akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang terdiri dari showcase, booth layanan, hingga talk show. Showcase atau pameran terdiri dari produk UMKM Ekspor, Festival Kopi Nusantara, hingga Festival Produk Bahan Pangan Olahan.

Selain itu, terdapat sejumlah booth edukasi, layanan dan informasi yang mencakup layanan sertifikasi halal, penukaran uang, hingga Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Untuk meningkatkan literasi audiens, terdapat penyelenggaraan talk show yang meliputi topik digitalisasi pembayaran, halal lifestyle, perlindungan konsumen dan keuangan inklusif, UMKM ekspor dan ekonomi syariah, serta produk pangan olahan.

Rangkaian acara dilengkapi dengan live music performance oleh sederet artis ibu kota yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Masih dalam rangkaian main event Jakreatifest 2024, KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta juga memfasilitasi penyelenggaraan dua Business Matching antara pelaku UMKM, yaitu dengan lembaga jasa keuangan dan potential buyer.

Berita Terkait : MHT Award 2024, PWI Jaya Komit Bangun Jakarta yang Lebih Baik

Business matching pertama bertujuan untuk mendorong akses pembiayaan UMKM melalui link and match dengan lembaga keuangan. Selanjutnya, business matching kedua bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antara UMKM dengan potential buyer demi memperluas akses pasar UMKM dan eskalasi transaksi penjualan UMKM.

"Adapun target outcome nominal business matching dan transaksi penjualan UMKM pada Jakreatifestival tahun 2024 sebesar Rp 9,25 miliar, atau naik sebesar 8,8 persen dari tahun 2023 Rp 8,5 miliar," imbuh Arlyana. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal