Hadapi Musim Penghujan, Wali Kota Jaksel Minta Jajaran Siaga Posko Bencana

Wali Kota Jaksel Munjirin. (Foto: RBN)
Rabu, 23 Nopember 2022, 20:22 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menginstruksikan jajarannya untuk menyiagakan posko bencana. Seluruh camat dan lurah harus selalu mengaktifkan posko bencana di wilayahnya masing-masing.

Langkah ini, kata Munjirin, karena wilayah Jakarta akan menghadapi masuknya musim penghujan yang diprediksi akan berlangsung hingga Desember mendatang. "Sebagai upaya antisipasi musim hujan, perlu adanya kesiapsiagaan menghadapi adanya bencana. Saya meminta agar para lurah, camat dan OPD tingkat kota yang terkait penanganan banjir, agar serius mengaktifkan posko siaga bencana," ujarnya dalam rakorwil bersama jajarannya di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2022).

Berita Terkait : Pemkot Jaksel Minta Gerakan Tanam Pohon Digencarkan

Keseriusan itu, lanjut Munjirin, yaitu dengan mengecek keberadaan sarana dan prasarana, seperti perahu karet, gergaji mesin, tenda, kelengkapan dapur umum, dan lain sebagainya, yang fungsinya dalam penanganan kebencanaan. Tidak lupa pula untuk mempersiapkan SDM yang ada.

"Selain itu, juga agar masing masing wilayah juga membuat buku saku agar selalu dibawa, sehingga saat ada bencana, untuk penanganan koordinasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik dengan langsung segera dapat ditangani. Tidak menunggu OPD terkait," terangnya.

Berita Terkait : Tinjau Waduk Ragunan, Wali Kota Jaksel Pastikan Grebek Lumpur SDA Berlanjut

Kemudian, diutarakan Munjirin, keberadaan waduk dan embung termasuk pompa air, agar dimatangkan di tingkat masing-masing kecamatan berkoordinasi dengan Kasatpel SDA. "Selain itu, kebersihan lingkungan juga penting terjaga dengan baik. Salah satunya soal keberadaan tumpukan sampah yang ada di beberapa titik, itu harus sudah bersih," tandasnya. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal