Gerombolan Begal Anggota TNI Ditangkap, 3 Pelaku Bocah Bau Kencur

Selasa, 10 Mei 2022, 19:06 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Polisi berhasi menangkap sembilan pelaku begal anggota TNI yang terjadi di Jalan Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu (7/5/2022).

Dari sembilan tersangka yang ditangkap polisi, tiga pelaku masih bocah bau kencur alias di bawah umur. Adapun para tersangka yakni MRH (20), MRM 19), RM (24), MB (17), FR (17), TP (21) MAH (15), AM (19) R (19), MB (17), FR (17), dan MAH (15).

"Pelaku sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini. Ada 9 orang, enam orang dewasa dan tiga di bawah umur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (10/5/2022).

Menurut Zulpan, eksekutor yang melakukan aksi begal terhadap anggota TNI itu berjumlah satu orang. Pelaku yakni berinisial MRH yang ditangkap lebih awal oleh korban lalu diserahkan ke Polsek Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berita Terkait : Korban Begal Jadi Tersangka, LaNyalla: Polisi Bisa Gunakan Pasal 49 KUHP

"MRH usia 20 tahun. Dia pertama kali berhasil diamankan oleh korban, dan dilakukan riksa penyidik dan berkembang ke pelaku lain. Peran MRH, eksekutor percobaan pencurian," ucap Zulpan.

Zulpan menjelaskan, sebelum beraksi para pelaku sempat berpesta minuman keras (miras) di kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Usai berpesta miras, pelaku lalu berkeliling menggunakan empat sepeda motor secara berboncengan.

Satu motor umumnya digunakan para pelaku berboncengan tiga. Dan akhirnya mereka bertemu korban di lokasi kejadian.

"Kemudian di sana melihat kedua korban yang saat itu menggunakan sepeda motor Mio Soul berwarna merah. Mereka menghampiri, satu pelaku melempar batu konblok," kata Zulpan.

Berita Terkait : Dir Reskrimum Polda Lampung Bentuk Tim Tekab 308, Siap Hadapi Pelaku Kejahatan

Beruntung, kata Zulpan, batu yang dilempar pelaku tak mengenai korban. Saat itu korban melakukan perlawanan kepada pelaku.

"Akibat perlawanan dari pada kedua korban ini, para pelaku mencoba melarikan diri. Korban mengejar dan berhasil menendang satu dari empat motor dan berhasil menangkap satu pelaku," ucap Zulpan.

Adapun dua anggota TNI yang menjadi korban berasal dari Batalyon Arhanud 10/ABC Kodam Jaya, Bintaro, Jakarta Selatan.

Kapendam Jaya Letkol Indra Wirawan menjelaskan, kedua korban tersebut adalah Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela. "Iya, kejadian Sabtu (7/5/2022). Satu orang pelaku dapat diamankan, sedangkan pelaku lain berhasil melarikan diri," ujar Indra dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

Berita Terkait : Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Pelaku Cabul Jakarta Buron

Kejadian bermula saat kedua anggota tersebut hendak pulang ke Batalyon Arhanud 10/ABC Kodam Jaya, usai berbelanja kebutuhan dapur markas. Sesampainya di dekat SMP Negeri 29 Jakarta Selatan, kedua personel tersebut dipepet oleh kawanan pelaku yang diduga berjumlah sembilan orang.

"Sembilan orang mencoba menghentikan kendaraan dua personel TNI, dan salah satu pelaku melempar batu ke arah anggota. Namun, berhasil dihindari," kata Indra. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal