BAZNAS dan Maybank Syariah, Salurkan Paket Ramadhan Bahagia untuk Yatim/Dhuafa

Kamis, 28 April 2022, 23:21 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima penyaluran dana kebajikan dari Maybank Syariah untuk menebar kebaikan di bulan Ramadhan.

Dana yang diberikan akan dikemas oleh BAZNAS menjadi program Paket Ramadhan Bahagia, dengan tema "Ramadhan Berbagi Bersama Yatim dan Dhuafa”. Sebanyak 80 paket Paket Ramadhan Bahagia berisi sembako siap disalurkan BAZNAS untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan, khususnya yatim dan dhuafa.

"Alhamdulillah, program Paket Ramadhan Bahagia mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Maybank Syariah. Paket Ramadhan Bahagia merupakan salah satu program unggulan BAZNAS di bulan Ramadhan ini. Dengan adanya perhatian dari pihak lain, maka program ini akan semakin optimal," kata Direktur Pengumpulan BAZNAS, H. Faisal Qosim, Lc, Kamis (28/4/2022).

Faisal menambahkan, Paket Ramadhan Bahagia yang berisi berbagai kebutuhan pokok akan disalurkan untuk para yatim dan dhuafa, kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

"Yatim dan dhuafa termasuk golongan asnaf, atau mereka yang berhak menerima bantuan zakat. Terlebih saat ini kita sedang di masa kebangkitan usai dilanda pandemi selama dua tahun lamanya. Semoga bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban mereka, sehingga bisa merasakan Ramadhan dengan bahagia," kata Faisal.

Berita Terkait : Cegah Stunting, BAZNAS-Kemenko PMK Distribusikan Paket Makanan Bergizi di Sumenep

Dalam Paket Ramadhan Bahagia, BAZNAS menargetkan penyalurannya pada Ramadhan 1443 H ini sebanyak 10.000 paket, yang akan disebarluaskan ke seluruh titik mitra/BAZNAS Pusat/Provinsi/Kab/Kota.

Faisal pun mengucapkan terima kasihnya kepada berbagai pihak, dan terutama Maybank Syariah yang sudah membantu kelancaran program Paket Ramadhan Bahagia, sehingga bisa memberi manfaat kepada umat.

"Saya ingin berterima kasih atas bantuan donatur yang telah menyalurkan dananya melalui BAZNAS, sehingga dapat turut menyukseskan berbagai program BAZNAS, salah satunya Paket Ramadhan Bahagia. Dengan sumbangsih yang diberikan, dapat memberi manfaat dan kebaikan di tengah masyarakat," katanya.

Bantuan yang diberikan PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS Maybank Indonesia) kepada yatim dan dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia, dimulai sejak 4 April 2022 lalu hingga 30 April 2022.

Romy Buchari, Head Shariah Banking Maybank Indonesia mengatakan, Program pemberian santunan kepada para yatim dan dhuafa telah menjadi agenda rutin UUS Maybank Indonesia pada setiap bulan suci Ramadan sejak 2018. Inisiatif ini merupakan wujud kepedulian kami untuk dapat meringankan beban saudara-saudari kita, khususnya bagi anak-anak yatim dan dhuafa di tanah air di bulan yang penuh berkah ini.

Berita Terkait : Di Jawa Timur, BAZNAS dan Wapres RI Serahkan Bantuan Santripreneur

"Selain penyaluran santunan secara langsung, UUS Maybank Indonesia juga mengajak nasabah untuk bersama-sama berbagi kebaikan melalui program My Berbagi Kebaikan Bank. Program ini, memberikan kesempatan kepada Nasabah untuk dapat berperan aktif dalam menyalurkan bantuan dengan membuka Maybank Tabungan iB dan bertransaksi finansial, melalui digital banking platform M2U ID App dan Web.

Dengan melakukan hal tersebut, maka Maybank Indonesia akan menyisihkan Rp10,000.-/transaksi sebagai donasi yang bersumber dari dana kebajikan untk disalurkan ke dalam program swasembada penyediaan air bersih bagi komunitas masyarakat dan lembaga pendidikan di Indonesia," katanya.

Di samping itu, UUS Maybank Indonesia juga memberikan kemudahan kepada Nasabah yang ingin menyalurkan sedekah di bulan Ramadan, baik dalam bentuk donasi Zakat, Infak dan Sedekah melalui M2U ID App/Web ke lembaga-lembaga yang telah bekerjasama dengan Maybank Indonesia.

"Seluruh program yang kami gelar di bulan Ramadan ini sejalan dengan misi Bank yakni humanising financial services, di mana UUS Maybank Indonesia dapat hadir di tengah masyarakat di dalam segala kondisi dan waktu, khususnya melalui bantuan sosial kali ini yang diharapkan dapat memberi manfaat serta menjadi berkah tersendiri bagi saudara-saudari kita yang kurang mampu di Tanah Air," tambah Romy.

Di samping pemberian santunan oleh UUS Maybank Indonesia, Maybank Islamic, yakni Bank Umum Syariah yang beroperasi di Malaysia juga melaksanakan serangkaian kegiatan bantuan sosial selama bulan Ramadhan melalui Ramadan Relief, yang disalurkan ke beberapa negara di kawasan ASEAN termasuk Indonesia. Program Ramadan Relief Maybank Islamic menjangkau lebih dari 5,000 penerima bantuan di total 11 negara, di mana Maybank beroperasi.

Berita Terkait : BAZNAS Salurkan Bantuan Jaring untuk Nelayan di Perbatasan

Sejak didirikan pada tahun 2013 hingga kini, Maybank Islamic telah mengalokasikan dana lebih dari RM12 juta dan telah memberikan manfaat kepada sekitar 120.000 keluarga kurang mampu. Program Ramadan Relief Maybank Islamic telah berlangsung di Indonesia sejak 2017. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Maybank Islamic kembali bekerja sama dengan LSM Islamic Relief Malaysia perwakilan Indonesia untuk menyalurkan bantuan berupa bahan pangan pokok yang biasa dikonsumsi saat Ramadan.

Bantuan ini diserahkan kepada 400 penerima kepala keluarga kurang mampu, dengan total nilai bantuan sebesar RM 90,000 atau setara dengan kurang lebih Rp300 juta. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal