Diperiksa KPK 4 Jam, Sjahrial Beberkan Perencanaan Balap Formula E di Jakarta

Rabu, 9 Maret 2022, 21:50 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Mantan Ketua Komisi E dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Sjahrial membenarkan jika dirinya pada Rabu (9/3/2022) dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu berkaitan dengan pemeriksaan kasus formula E yang kini ditangani oleh badan anti rasuah itu.

"Ya saya diundang oleh KPK. Karena sudah lama ditunda-tunda karena saya terkena Covid-19. Nah hari ini saya bisa hadir, jadi saya upayakan untuk datang," ujar politisi senior PDIP itu kepada wartawan, Rabu (9/3).

Menurutnya, sekitar 10 pertanyaan disampaikan padanya, oleh penyidik KPK. "Pertanyaan seputar perencanaan dan proses pembayaran commitment fee pelaksanaan balap mobil listrik Formula E," ujarnya.

Berita Terkait : Penuhi Undangan Gubernur DKI, Puan Saksikan Balap Formula E

Anggota Komisi C DPRD DKI itu mengungkapkan, dirinya menjalankan pemeriksaan selama 4 jam. "Di dalam bersama dengan penyidik pun saya jelaskan semua, meski ada beberapa pertanyaan yang tidak saya ketahui," tutupnya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan Sjahrial dipanggil karena jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI periode 2014-2019 yang bersentuhan langsung dengan urusan penganggaran Formula E.

Komisi E berperan melakukan pengawasan dan penganggaran commitment fee yang diajukan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk ajang balap mobil listrik itu.

Berita Terkait : Bukan Hanya Jakarta, Munir: Formula E Sukses, Nama Indonesia Harum

"Sebetulnya jadwalnya sudah lama, berbarengan dengan Pak Pras (Ketua DPRD DKI) kemarin. Tapi, waktu itu pas panggilan, kebetulan Pak Syahrial positif, kena omicron. Maka, ditunda baru dijadwalkan sekarang," kata Gembong.

Meski sudah ada dua anggota PDIP DKI yang dipanggil, yakni Sjahrial dan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Gembong menyatakan pemanggilan tak ada hubungannya dengan fraksi. Lembaga yang dipimpin Firli Bahuri itu juga meminta keterangan pada pihak yang berkaitan dengan Formula E di luar PDIP.

Misalnya, pemanggilan juga dilakukan pada Ketua dan Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI periode 2014-2019, Iman Satria dari Gerindra dan Anggara Wicitra Sastroamidjojo dari PSI. "Yang dipanggil yang ada keterkaitaan dengan pengalokasian anggaran. Misalkan, saat itu kan Komisi E," pungkasnya. (DRI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal