Pemkot Jaksel Amankan Aset Lahan Milik DKI di Kebayoran Baru

Kamis, 23 Desember 2021, 16:43 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengamankan aset barang milik Pemprov DKI seluas 7.354 meter persegi, di Jalan Senopati Nomor 72 Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Kamis (23/12/2021).

Setelah pihak yang menduduki lahan dan bangunan dikeluarkan tim terpadu dari lokasi, aset daerah tersebut langsung diserahterimakan kepada PT Jakarta Propertindo (Perseroda). Penertiban oleh tim terpadu yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Instansi terkait lainnya, dilakukan setelah pihak yang menduduki lahan dan bangunan tersebut tidak mengindahkan Surat Peringatan Kesatu (SP-1) Nomor 984/-1.75 tanggal 1 Oktober 2021. Selanjutnya Surat Peringatan Kedua (SP-2) Nomor 1003/-1.75 tanggal 8 Oktober 2021 dan Surat Peringatan Ketiga (SP-3) Nomor 1010/-1.75 tanggal 12 Oktober 2021 yang disampaikan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Berita Terkait : Pemkot Tangsel Kebut Pengerjaan Jembatan Ambrol di Perumahan Puri Pamulang

“Penertiban ini merupakan bagian dari pengamanan aset milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di mana pihak-pihak yang mengklaim memiliki hak atas tanah tersebut telah kami berikan sosialisasi, surat pemberitahuan dan surat peringatan satu sampai tiga, namun karena tidak juga keluar, maka kami laksanakan penertiban terpadu,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji saat ditemui di lokasi, Kamis (23/12/2021).

Isnawa Adji menyampaikan, pemerintah sebagai pengelola barang milik negara atau daerah wajib mengamankan secara fisik maupun administrasi sebagaimana merujuk Pasal 42 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, sebagaimana yang telah diubah dengan PP Nomor 28 Tahun 2020 Jo Pasal 296 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Bangunan di atas lahan tersebut merupakan gedung SDN 01 Selong, Kebayoran Baru, yang berdiri sejak tahun 1953 dan lokasi Puskesmas Selong yang berdiri sejak tahun 1974 dan tercatat sebagai aset barang milik daerah.

Berita Terkait : Pemkot Tangsel Jamin Keamanan dan Pelayanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan atas kerja sama yang baik, sehingga lahan yang telah diserahterimakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya dapat ditertibkan. Lahan tersebut nantinya dioptimalkan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha PT Jakpro.

“Harapannya, optimalisasi lahan tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan ke depan,” ujar Widi.

Berita Terkait : Pemkot Jakpus dan Kejati DKI Gelar Vaksinasi Malam Hari

Selain itu, sebagai BUMD, PT Jakpro juga berharap dengan optimalisasi lahan ini dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi Jakarta secara umum dan menyerap tenaga kerja, sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal