Pemkot Jaksel Kerahkan Tim Penertiban Terpadu Amankan Aset Lahan PT Jaktour di Cilandak

Kamis, 25 Nopember 2021, 17:29 WIB
Jakarta City

LampuHijau.co.id - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mengerahkan Tim Penertiban Terpadu Jakarta Selatan melakukan pengamanan aset daerah di Jalan RA Kartini Nomor 42 Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (25/11/2021).

Pengamanan aset milik PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) dihadiri langsung Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji, yang didampingi Asisten Pemerintahan Jakarta Selatan Mahludin, Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan. Selain itu, Kabag Hukum Pemkot Jakarta Selatan Dedi Rohedi, dan Lurah Cilandak Barat Agung Medya Gutama, serta Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo Novita Dewi.

Dalam kesempatan tersebut, Isnawa Adji menegaskan, penertiban merupakan tindak lanjut atas peringatan bertahap yang sebelumnya disampaikan Pemkot Jakarta Selatan sebelumnya. Namun, pihak yang menduduki lahan seluas 18.287 meter persegi itu tidak kunjung mengindahkan Surat Pemberitahuan serta Surat Peringatan Pertama (SP1), SP2 hingga SP3 yang dilayangkan.

Berita Terkait : Layangkan SP3, Pemkot Jaksel Amankan Lahan Milik Jaktour Seluas 1,8 Hektare di Cilandak

"Penertiban ini merupakan bagian dari pengamanan aset milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di mana pihak-pihak yang mengklaim memiliki hak atas tanah tersebut telah kami berikan sosialisasi, surat pemberitahuan dan surat peringatan satu sampai tiga, namun karena tidak juga keluar, maka kami laksanakan penertiban terpadu," ungkap Isnawa Adji.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dkk telah memenangkan gugatan yang dilayangkan ahli waris Almarhum Saman bin Melin, dan telah memiliki kekuatan hukum tetap (incraht van gewijsde). Hal tersebut berdasarkan lewat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 1563/Pdr.G/2009/PN.Jkt.Sel tanggal 15 Juni 2021 Jo Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 421/Pdt/2011/PT.DKI tanggal 13 Desember 2011. Selanjutnya, Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2233 K/Pdt/2012 tanggal 21 Februari 2013 Jo Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 462 PK/Pdt/2015 tanggal 4 Februari 2016.

"Secara legalitas lahan ini sudah clear (jelas), di mana putusan pengadilan atas perkara yang diajukan ahli waris Saman bin Melin melawan Gubernur DKI Jakarta dan PT Jakarta Tourisindo, pada amarnya memenangkan Pemprov DKI Jakarta," lanjut lsnawa.

Berita Terkait : Pemkot Jakarta Selatan Dorong Keterlibatan Pihak Swasta Kejar Capaian Vaksinasi

Lebih lanjut Isnawa Adiji menyampaikan, pemerintah sebagai pengelola barang milik negara atau daerah wajib mengamankan secara fisik maupun administrasi. Hal tersebut sebagaimana merujuk Pasal 42 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/ Daerah sebagaimana yang telah diubah dengan PP Nomor 28 Tahun 2020 Jo Pasal 296 Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Ditemui bersamaan, Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo Novita Dewi menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Jakarta Selatan, sehingga lahan yang terletak persis di sebelah Kantor Kecamatan Cilandak itu dapat diamankan. Lahan tersebut nantinya akan dioptimalisasikan untuk pengembangan usaha PT Jakarta Tourisindo.

"Harapannya, optimalisasi lahan tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan ke depan,” jelas Novita.

Berita Terkait : Pemkot Jaksel Dukung Seniman Hidupkan Kawasan Kemang

Selain itu, lanjut Novita, perusahaan BUMD PT. Jakarta Tourisindo juga berharap, dengan optimalisasi lahan ini dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi Jakarta secara umum dan menyerap tenaga kerja, sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Novita menegaskan, PT Jakarta Tourisindo sudah beberapa kali melakukan tindakan persusasif kepada pihak yang menduduki lahan. Namun, upaya itu tidak diindahkan oleh mereka.

“Sementara dari sisi hukum juga kita sudah ambil aksi dan sudah tingkat tertinggi dari PK, dan dari semua tingkatan pengadilan itu semua memenangkan PT Jakarta Torusindo,” tandasnya. (RBN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal