Krisis Peti Mati Gegara Kematian Covid Tinggi

Foto: Antara
Selasa, 6 Juli 2021, 18:44 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Penyebaran Covid-19 semakin ugal-ugalan. Bertambah terus setiap harinya. Mirisnya, jumlah pasien Covid yang meninggal dunia pun meningkat. Karenanya kebutuhan akan peti mati pun melonjak.

Sayangnya hampir di setiap daerah mengalami kelangkaan pasokan peti mati. Pun demikian dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. Mereka kehabisan stok peti jenazah.

Habisnya stok kebutuhan pemulasaran tersebut lantaran tingginya angka kematian akibat Covid-19. Dalam sehari dibutuhkan 35 atau 45 peti jenazah untuk yang meninggal dan suspek Covid-19.

Berita Terkait : Bantu Pemkot Capai Target, Anggota DPRD Depok Gelar Vaksinasi Covid-19

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Denni Romulo mengatakan dengan kondisi ini, ia pun meminta bantuan pada semua pihak.

“Peti jenazah habis terus. Kita sekarang ada yang mau mengirim berapapun itu pasti ditampung,” kata Denni, Selasa (6/7/202).

Denni menjelaskan, kondisi tersebut terjadi sejak sepekan terakhir. “Sudah sepekan ini, bingung kita juga,” katanya. Ia menuturkan, paling sedikit dalam satu hari dibutuhkan stok 45 peti jenazah.

Berita Terkait : Risegn Gegara Pandemi, Tia Kini Jadi Pengusaha Dengan 10 Mitra dan Ribuan Reseller

“Jadi kalau kita melayani yang meninggal Covid dan suspek Covid. Kalau dilihat atau dihitung sudah 35 sehari, malah pernah 45 dalam waktu sehari. yang suspek Covid juga wajib pemulasaran jenazah pakai prosedur Covid,” jelasnya.

Akibat dari menipisnya stok peti mati, akhirnya banyak yang harus terpaksa antri. “Apa boleh buat. Jadi nunggu peti, nunggu dulu 2-3 jam. Itu kenyatannya karena peti susah kan,” terangnya.

Denni mengaku dengan kondisi seperti ini membuat pihaknya keteteran. “Iya ada kendala karena kelangkaan peti. Di daerah lain juga tinggi permintannya. Jadi kita keteteran juga karena peningkatan pasien yang meninggal," katanya.

Berita Terkait : Rencana PTM, Anggota DPRD Depok Ingatkan Agar Semua SDM Sudah Divaksin dan Terapkan Prokes

Ia pun khawatir, para petugas pemulasaran jenazah ikut drop. “Intinya kami kewalahan karena saking banyaknya yang terpapar. Tim pemulasaran jenazah keteteran karena tingkat kematian tinggi Covid dan suspek Covid, sampai peti jenazah sulit,” ucapnya. (HEN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal