Kadinkes dan Kapolres Subang Senang Bulan Ini Kasus Covid-19 Turun Drastis

Senin, 29 Maret 2021, 19:57 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang mencatat kasus Covid-19 mengalami tren penurunan per pekannya pada Maret 2021. Namun, warga agar tetap waspada Covid-19.

Kepala Dinkes (Kadinkes) Kabupaten Subang dr. Maxi mengatakan, bulan ini kasus Covid-19 menunjukkan tren menurun, tidak seperti bulan-bulan sebelumnya yang terus mengalami kenaikan. Pada 1 -7 Maret, kata dia, tercatat 634 kasus Covid-19, 8-14 Maret tercatat 380 kasus Covid-19, 15-21 Maret tercatat 260 kasus Covid-19, dan 22-28 Maret tercatat 214 kasus Covid-19.

"Penurunan kasus Covid-19 bisa jadi karena penerapan protokol kesehatan yang bagus dan vaksinasi yang mulai kebal terhadap Covid-19," ucapnya di kantornya, Senin (29/3/2021).

Berita Terkait : Libur Lebaran saat Pandemi Covid-19, Pengunjung Sari Ater Turun Drastis

Penurunan kasus Covid-19 tentu beri kabar gembira, karena tidak ada lonjakan kasus hingga ratusan. "Subang pun zonanya hanya dua, hijau dan kuning, tidak ada orange," ujarnya.

Zonasi tersebut ditentukan per minggu dari kasus yang direkap. "Terdapat empat kecamatan masuk zona hijau, yakni Serangpanjang, Tanjungsiang, Kalijati dan Cikaum," ucap dr. Maxi.

Kecamatan lainnya, tambah dia, zona kuning. Dengan status zona hijau, artinya semua kegiatan diperbolehkan, dan zona kuning hanya surveilans, tes dan memantau tempat isolasi mandiri. Hal ini sesuai Instruksi Mendagri No. 6 tahun 2021. Namun, tren penurunan kasus Covid-19 dan tidak ada zona orange tetap waspada.

Berita Terkait : 34 Pengendara Kendaraan Luar Daerah Subang Dirapid Test Swab Antigen

"Jangan sampai lengah, karena Covid-19 bisa mengancam kita lagi," ujarnya.

Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto di tempat terpisah, mengaku bersyukur kasus Covid-19 di Kabupaten Subang mengalami tren penurunan dan zona tidak ada yang orange serta merah. "Alhamdulillah, di wilayah Kabupaten Subang mengalami penurunan dengan tidak adanya zona merah maupun zona orange, itu berarti program PPKM Mikro berhasil," ucap Kapolres.

Meski demikian, lanjut Kapolres, kegiatan patroli selain untuk mencegah curanmor, curat, dan curas (C3). Juga sebagai penanganan Covid-19 dengan dilakukan imbauan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal