Peduli Kaum Disabilitas, Polres Subang Hadirkan Penerjemah Bahasa Isyarat

Kamis, 25 Maret 2021, 22:04 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pelaksanaan konferensi pers oleh Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto di Mapolres Subang, hari ini atau Kamis, 25 Maret 2021, berbeda dari kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya.

Kapolres yang biasanya diapit pejabat utama (PJU) Polres Subang atau Kanit satuan fungsi (satfung), kali ini, didampingi perempuan berkerudung hitam. Rupanya, perempuan tersebut adalah interpreter atau penerjemah bahasa isyarat. Ia mengalihkan bahasa lisan Kapolres ke bahasa yang lain secara langsung (orally) dalam waktu yang sama atau “on the spot“ (saat itu juga).

Berita Terkait : Polsek Subang Putar Arah Masyarakat yang Mau Berwisata ke Wilayah Selatan

Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto melalui Kasat Reskrim Polres Subang AKP Muhammad Wafdan Muttaqin mengatakan, interpreter yang dihadirkannya merupakan orang luar. Interpreter dihadirkan dalam kegiatan itu, kata Kasat, tujuannya, agar warga yang hanya mengandalkan indera penglihatan atau disabilitas bisa mendapatkan akses informasi.

"Perintah dari Humas Polri agar setiap (press) release wajib dihadirkan penerjemah bahasa isyarat," ucap mantan Kasat Reskrim Polres Majalengka, tersebut.

Berita Terkait : Polres Subang Mencanangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Maka dari itu, kata Kasat, kegiatan press release berikutnya pun akan dihadirkan interpreter. Dengan dihadirkannya interpreter, kalangan disabilitas bisa mendapatkan informasi yang sama dengan masyarakat lainnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal