Satlantas Polres Subang Terus Berupaya Meredupkan Pamor Tanjakan Emen

Selasa, 16 Maret 2021, 17:02 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Satlantas Polres Subang bersama instansi terkait berupaya melakukan pencegahan terjadinya kecelakaan di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Tanjakan Emen merupakan lokasi yang terkenal dengan kejadian kecelakaan yang selalu memakan banyak korban jiwa. Maka dari itu, polisi berupaya meredupkan pamor tanjakan tersebut.

Kepala Satlantas Polres Subang AKP Endang Sujana mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan Satlantas Polres Subang dengan instansi terkait untuk cegah kecelakaan di Tanjakan Emen. Langkah yang telah dilakukan, kata Kasat, menyedikan jalur penyelamatan bagi kendaraan yang mengalami rem blong dan melebarkan jalan Raya Bandung-Kabupaten Subang.

Berita Terkait : Kapolres Minta Pokja Polres Subang Turut Sosialisasikan Prokes Covid-19

Selain itu, kata mantan Kasat Lantas Polres Majalengka ini, menerjunkan personel antara 35 orang hingga 40 orang saat akhir pekan untuk mengatur dan memberi imbauan tertib lalu lintas.

"Kami terjunkan personel setiap Sabtu dan Minggu untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalur tersebut," kata Kasat didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Subang Iptu Undang Syarif Hidayat, Selasa (16/03/2021).

Sebab, lanjutnya, setiap akhir pekan rame karena merupakan jalur wisata, sehingga perlu diantisipasi. "Kami pun antisipasi aksi Sunmori dan balapan liar yang dapat mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya," ujar Kasat.

Berita Terkait : Polres Subang Mencanangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Tak cukup sampai di situ, Satlantas bersama instansi lainnya melakukan ramcek bus dan travel dengan mendatangi poolnya untuk mengetahui kendaraan mengangkut penumpang itu dalam kondisi aman dan layak jalan.

"Ramcek dilakukan untuk memastikan kendaraan layak jalan dan aman untuk dipergunakan. Kemudian kendaraan yang telah beroperasional 10 tahun harus sudah diremajakan," ucapnya.

Menurut Kasat, meski berbagai upaya telah dilakukan Satlantas dan instansi lain untuk mencegah kecelakaan, namun tetap membutuhkan peran serta masyarakat sebagai pengguna jalan.

Berita Terkait : Salat Tarawih Boleh di Masjid, Asalkan Terapkan Prokes Covid-19

"Pengguna jalan harus waspada dan hati-hati agar tidak mengalami kecelakaan. Kami berharap tidak ada lagi kecelakaan yang terjadi di Tanjakan Emen," harapannya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal