Keberadaan Kampung Tangguh di Bekasi Diapresiasi Satgas Nasional Covid-19

Selasa, 9 Maret 2021, 20:22 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Kampung Tangguh Jaya di Desa Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi mendapat pembinaan dari Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Senin (8/3/2021).

Kepala Subbid Tracing Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Koesmedi Priharto mengatakan, keberadaan Kampung Tangguh Jaya ini harus diapresiasi sebagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 dan membantu ketahanan pangan masyarakat.

“Tujuannya memberdayakan masyarakat. Bagaimana mengatasi Covid-19 bersama-sama melalui prosedur gotong royong dengan mengaktifkan masyarakat yang ada di wilayah tersebut,” katanya di lokasi Kampung Tangguh Jaya Desa Wangunharja.

Berita Terkait : Polres Pelabuhan Tanjung Priok Antisipasi Kasus Covid-19 Pascalebaran

Koesmedi berharap keberadaan Kampung Tangguh Jaya ini dapat menyelesaikan permasalahan yang ditimbulkan akibat Covid-19 dengan baik. Selain itu, juga dapat membangun budaya masyarakat agar terbiasa hidup dengan Covid-19.

“Pembinaan selama satu pekan. Terus dilakukan berkala nantinya diharapkan dapat menyelesaikan lebih baik soal Covid-19 ini,” katanya.

“Jadi budaya-budaya seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkumpul berkerumun itu harus menjadi kebiasaan. Jadi budaya yang harus disosialisikan dengan baik. Selain juga upaya dalam penanganan permasalahan sosial, ketahanan pangan tersebut,” katanya.

Berita Terkait : Polda Metro Ubah Sarang Narkoba Jadi Kampung Tangguh Covid-19

Program Kampung Tangguh Jaya sudah dievaluasi pemerintah daerah. Hasil evaluasi menjadi penentu siapa yang bakal menduduki peringkat pertama.

“Kalau di kita ada namanya Mang Jaka. Jadi evaluasinya Kampung Tangguh Jaya Mang Jaka,” kata Asda I Pemerintah Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, usai menghadiri kegiatan Kampung Tangguh Jaya di Kantor Desa Wangunharja.

Yana mengatakan, evaluasi sudah dilakukan ke seluruh Kampung Tangguh Jaya yang mewakili masing-masing kecamatan. Sedangkan hasilnya, akan diumumkan saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bekasi.

Berita Terkait : Wali Kota Jakpus Nilai Peran Kampung Tangguh Efektif untuk Awasi Pendatang Baru

“Yang sudah mewakili kecamatan itu pemenang di tingkat kecamatan. Dan, untuk di Cikarang Utara ini yang mewakili Desa Wangunharja. Pemenangnya akan diberikan hadiah sesuai perundang-undangan,” katanya. (DIR)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal